Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Cara Melakukan Guest Post untuk Meningkatkan Trafik Blog

Cara guest post - Apakah selama ini sobat blogger mengeluh tidak memiliki cara untuk meningkatkan trafik blog yang masih saja kecil? Jika iya, maka artikel Koloni Digital Indonesia kali ini mungkin cocok untuk kamu, yaitu guest post.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai keuntungan dari guest post dan bagaimana cara melakukannya sehingga benar-benar efektif menaikkan kunjungan ke situs Anda semua.

Daftar Isi

Pengertian Guest Post 

Guest post adalah sebuah teknik klasik yang digunakan dengan berbagai tujuan. Dalam bahasa yang sederhana, sobat menulis artikel namun ditayangkan di blog milik orang lain.

Lho, bukannya itu justru merugikan? Susah-susah bikin artikel tapi diterbitkan di situs lain? Nah, jangan berpikir seperti itu.

Mengapa orang melakukan guest post? Karena di dalam postingan tersebut, sobat bisa menyisipkan branding yang bertujuan memperkenalkan blog agan. Ini bisa berbentuk link ataupun yang lainnya. Diharapkan para pembaca situs itu nantinya juga akan mampir ke blog sobat.

Keuntungan Guest Post

keuntungan dan panduan guest post
Cara guest post

Banyak sekali keuntungan dari guest post. Bahkan di blog besar, mereka menyediakan slot khusus untuk para penulis tamu dengan syarat komisi tertentu. Benar sekali. ini bisa menjadi lahan bisnis dengan cara menyediakan kuota para guest writer namun berbayar.

1. Mengenalkan Blog Baru 

Benar sekali, untuk blog yang umurnya baru maka penting sekali melakukan guest post. Tujuannya jelas supaya para visitor di situs tersebut akhirnya juga mengenal blog milik sobat.

2. Meningkatkan DA PA

Domain Authority dan Page Authority sangat penting untuk para content creator, copywriter, situs bisnis maupun digital marketer. Sebuah situs dengan DA PA tinggi berarti kualitasnya bisa dikatakan baik.

Nah, tidak mudah untuk bisa meningkatkan DA maupun PA. Namun sobat bisa mengerek naik blog milik sobat dengan cara menanamkan backlink. Memang benar ada jasa untuk yang demikian, tetapi bila ingin yang bagus sebaiknya menggunakan teknik guest post.

Sobat yang nulis artikel lalu tayangkan di blog yang lebih besar. Tentu saja di dalam postingan itu sudah kamu tanam backlink atau setidaknya menyebut nama blog sahabat.

3. Meningkatkan Kunjungan

Ini yang ditunggu. Jika ternyata artikel punya kamu sangat bagus dan bikin orang penasaran, akhirnya mereka akan mengunjungi blog ente. Khususnya apabila di situs sobat, ada banyak hal bermanfaat dan berguna yang dicari banyak orang.

Jika sudah banyak trafik, tugas selanjutnya adalah membuat supaya para visitor betah lama-lama mengeksplorasi blog sobat semua.

Cara Melakukan Guest Post yang Benar

Setelah mimin bahas pengertian dan keuntungan guest post, kini saatnya kita membahas cara melakukan hal itu dengan benar agar efektif. Jadi perhatikan langkah-langkah di bawah ini ya :

Cari situs tujuan >>> hubungi pemilik >>> nego >>> buat artikel >>> kirim

Nah secara ringkas seperti itu alurnya. Masih bingung? Oke mimin akan bahas secara lebih mendalam.

1. Memilih Situs Tujuan untuk Guest Post

Pertama, carilah situs yang memang akan dituju. Ada beberapa indikator yang bisa kamu pakai, antara lain seperti di bawah ini :

  • Umur situs : sebaiknya yang lebih dari enam bulan.
  • Kualitas : situs tidak terindikasi pelanggaran
  • Niche : punya topik bahasan yang sama dengan blog agan.
  • Menerima guest post : cari yang memang menerima artikel dari penulis tamu.

Nah dalam dunia perbloggingan, ada kok para mastah yang memang memberikan kuota khusus untuk penulis tamu gratis. Enak, khan? Beberapa diantaranya adalah :

Blog Orang IT : ini merupakan situs milik om Helmy Kediri yang sudah sangat lama bermain blog. Agan silahkan hubungi admin blog itu jika tertarik. Niche-nya sih campur-campur.

Carolina Ratri : adalah blog dari empok Carra yang sudah kesohor, khususnya di kalangan para emak blogger. Topiknya seputar penulisan, copywriter, digital marketing dan tutorial blog.

Catatan Adi : sebuah blog personal yang isinya sangat menarik, yakni seputar fenomena sosial dan lainnya. Ternyata si pemilik sangat baik hati menerima artikel dari penulis tamu. Jangan ragu untuk mengunjungi blognya di catatanadi.com jika berminat.

Alviya : mbak alvi juga baik hati lo, bagi kalian blogger pemula yang pingin nyoba ngirim artikel. Kunjungi saja blognya. FP-nya saja sudah lebih dari 1000 follower.

Koloni Digital Indonesia : bukan promosi sih, tapi kalau agan pingin silahkan kontak kami. Mimin akan tayangkan artikel dari sobat semua asal sesuai dengan kriteria ya.

2. Hubungi Pemilik Blog 

Langkah kedua setelah membidik situs buat guest post adalah menghubungi pemilik. Biasanya blog bagus itu ada kolom contact us. Nah coba kirim email dan tulis maksud saudara yakni pingin ngirim artikel.

3. Nego

Nah ini ada hubungannya sama budget. Kalau punya duit, silahkan minta tolong yang bersangkutan nulis artikel dengan backlink ke blog agan. Kalau mau nulis sendiri juga boleh. Terus tanyain syaratnya apa saja dan bisa nggak kalo pakai link do follow permanen. Soalnya ada yang cuma kasih waktu 1 tahun aja. Terus tanyain apa saja artikel yang bisa diterima. Apa harus lebih dari 1000 kata, dengan gambar dan infograsi, dll.

4. Buat Artikel

Ini yang krusial. Silahkan buat artikel yang buagus beneran, supaya situs tujuan juga mendapatkan manfaatnya.

Ohya, tujuan agan kan pingin nih supaya dapat trafik, jadi kuasai content marketing dan copywriter. Apa itu? Itu loh, tulisan yang isinya juga menyisipkan branding product yakni blog agan. Tujuanya supaya pembaca terkesima dan bisa terbujuk buat mampir ke blog agan.

Harus ya buat kayak gitu? Harus. Silahkan baca jenis-jenis artikel blog  supaya bisa lebih memahami apa sih yang dimaksud copywriter dan lainnya.

Kalau bisa malahan bikin saja artikel viral supaya blog sobat makin terkenal. Pingin tahu caranya, baca panduan buat konten viral di postingan sebelumnya ya.

Kalau ga mau repot, kami bisa bantu sih. Silahkan kontak kami buat cari tahu apa yang dibutuhkan. Nanti kami siapin artikelnya ya....

5. Kirim

Nah supaya lebih sopan, sobat jangan langsung kirim. Kasih basa-basi dulu. Kirim email dengan tulisan di badan emailnya yang isinya terima kasih dan harap artikel bisa ditayangkan. Setelah itu tanyain juga apakah semua syarat sudah dipenuhi. Takutnya yang punya blog lupa karena terlalu banyak yang pingin jadi guest writer.

Kesimpulan : Guest Post Itu Penting!

Bagaimana sobat? Setuju khan, kalau guest post itu penting? Untuk itu silahkan mencoba. Baca panduannya ya. Kalau kesulitan menulis artikel SEO silahkan hubungi kami, kali aja bisa bantuin. Terus ikuti postingan menarik lainnya dari Koloni Digital Indonesia, wadah saling tukar ilmu blogger pemula.

Blog Koloni Digital

3 komentar untuk "Keuntungan dan Cara Melakukan Guest Post untuk Meningkatkan Trafik Blog"

  1. Informasi berguna gan.

    Semoga q bisa diberi kesediaaan menulis di blog incaran q.



    BalasHapus
  2. sebenarnya tertarik, cuma gak pede dengan tulisan saya sendiri

    BalasHapus
  3. akhir akhir ini pengunjung blog saya juga menjadi berkurang. pada berpindah ke youtube

    BalasHapus