Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasang Penglaris Bisnis dengan Dompet Digital

Memasang penglaris bisnis masih dipercaya oleh sebagian pelaku usaha demi meningkatkan keuntungan pada bisnisnya. Tetapi, penglaris yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah penglaris bisnis dengan bentuk dompet digital. Dengan data yang tersedia dari hasil riset, pelaku usaha dapat termotivasi untuk mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis di era teknologi masa kini.

Kemajuan teknologi yang pesat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk menyesuaikan performa perusahaan dengan perkembangan teknologi yang terbaru. Salah satunya yaitu metode pembayaran saat ini yang semakin beragam, agar memudahkan customer melakukan pembayaran transaksi yang dilakukan. Salah satunya metode pembayaran dompet digital yang bisa dirasakan manfaat dan kemudahannya dalam aktivitas masyarakat Indonesia.

Riset Penggunaan Dompet Digital

dompet-digital
dompet-digital

Dompet digital saat ini menjadi metode pembayaran paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan metode pembayaran transfer bank maupun tunai. 

Hal tersebut didapat dari hasil riset yang dilakukan oleh InsightAsia yang berjudul Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook pada hari Senin (28/11/2022). Dalam hasil riset dijelaskan kecenderungan masyarakat Indonesia dalam penggunaan metode pembayaran dompet digital telah berkembang pesat. 

Baca juga: Pasang Mesin EDC, Biar Bisnis Makin Cuan

Sebanyak 71% responden mengaku aktif dalam penggunaan dompet digital dalam kegiatan transaksi keuangan. Hal itu karena dalam penggunaan dompet digital telah dikembangan fungsinya dari hanya sekadar metode pembayaran, teknologi ini mampu melakukan pengelolaan uang lainnya seperti transfer uang, penyediaan riwayat transaksi, hingga pay later.

Dalam penggunaan metode pembayaran dompet digital itu pun mengungguli metode pembayaran lainnya seperti virtual account (VA) transfer (16%), kartu debit (17%), pay later (18%), QRIS (21%), transfer bank (24%), dan uang tunai (49%),

Terdapat tiga teratas, penggunaan metode pembayaran dompet digital yang paling banyak digunakan konsumen.

1. Gopay

Sebanyak 71% responden menggunakan metode dompet digital Gopay selama 5 tahun ini, dan sebanyak 58% konsumen menggunakan Gopay dalam waktu 3 bulan ini.

2. OVO

Metode pembayaran OVO berada di urutan selanjutnya. Sebanyak 70% responden mengaku menggunakan OVO sebagai metode pembayaran dompet digital, dan sebanyak 53% responden menggunakan OVO untuk bertransaksi dalam waktu 3 bulan ini.

3. DANA & ShopeePay

Penggunaan dompet digital terakhir yang termasuk dalam tiga besar yaitu DANA. 61% responden menggunakan DANA dalam bertransaksi, namun DANA tidak termasuk tiga besar dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, melainkan ShopeePay yang banyak digunakan oleh sebanyak 51% responden dalam 3 bulan ini.

Kelebihan Dompet Digital

Mengutip dari The Star, Research Director InsightAsia Olivia Samosir mengatakan ada 5 faktor utama yang membuat platform dompet digital menjadi pemimpin pasar.

  • Keamanan
  • Perlindungan
  • Kemudahan
  • Kenyamanan
  • Batas Bulanan Gratis, serta relevansinya untuk penggunaan sehari-hari

Pengaruh Penggunaan Dompet Digital untuk Bisnis

Research Director InsightAsia, Olivia Samosir juga menjelaskan bahwa pengaruh terhadap konsistensi memberikan apa yang konsumen butuhkan, merupakan faktor yang dapat menciptakan pengalaman positif bagi konsumen, hal ini dapat membuat konsumen setia dalam menggunakan brand tersebut.

Dengan data terbaru dalam penggunaan dompet digital yang telah dijelaskan, para pelaku usaha bisa menjadikan data tersebut untuk relevansi terhadap penyusunan strategi perusahaan melipatgandakan penghasilan.

Selain menambah metode pembayaran dompet digital, para pelaku usaha dapat menarik data performa perusahaan dengan mudah menggunakan software akuntansi yang terkomputerisasi, agar hasil penarikan data mudah, cepat, akurat dan realtime.

Posting Komentar untuk "Pasang Penglaris Bisnis dengan Dompet Digital"