Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Produk Google Yang Dapat Membantu Bisnis Anda

Google adalah raksasa teknologi dengan pendapatan sangat besar. Walau begitu, perusahaan multinasional ini juga tak segan mengeluarkan produk-produk yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Daftar Isi

Dalam artikel kali ini, Koloni Digital Indonesia akan berbagi tentang 5 produk Google yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis dan start up Anda.

Apa saja kelima produk Google yang akan membantu meningkatkan usaha Anda tersebut? Berikut adalah ulasannya :

1. Gmail 

Gmail adalah produk pertama dari Google. Gmail memungkinkan Anda untuk membuat alamat email yang terintegrasi dengan banyak layanan Google lainnya.

Ada banyak keunggulan GMail, antara lain penggunaannya yang mudah, kuota penyimpanan data yang besar dan gratis.

2. GMaps

Anda tentu sudah mengenal aplikasi satu ini, Google Maps atau GMaps. Aplikasi dari Google ini sangat membantu orang-orang untuk bisa menemukan alamat yang sedang mereka cari.

Ada berbagai fitur hebat di GMaps, antara lain GPS, panduan berbentuk audio hingga ulasan dari pengguna.

Anda bisa memasukkan alamat dari bisnis Anda dan meminta pelanggan untuk mengulas Anda. Hal ini adalah sebuah inovasi yang tentu sangat membantu meningkatkan bisnis Anda.

3. Google AdWord

Google Adword adalah program menarik dari Google untuk membantu agar situs Anda lebih dapat dikenal dan menjangkau banyak orang.

Dengan harga yang kompetitif Anda akan merasakan manfaat luar biasa dari Google Adword untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Dengan menggunakan Google Adword Anda tak perlu lagi memikirkan SEO atau optimasi mesin pencari. Setelah mengikuti program ini, Anda bisa berfokus hanya pada website dan produk Anda.

4. Google Bisnisku 

Google Bisnisku ataupun Google My Business adalah sebuah produk khusus untuk membantu meningkatkan branding dan pemasaran dari bisnis Anda di ranah digital.

Google My Business bekerja secara terintegrasi dengan Google Maps dan Google Search untuk membantu pelanggan atau orang-orang yang sedang membutuhkan jasa atau produk dengan jasa dan produk yang Anda tawarkan.

Anda hanya perlu memverifikasi kepemilikan bisnis Anda dan setelah itu start up atau usaha Anda akan dapat ditemukan dengan mudah di pencarian Google.

Padukan juga Google My Business dan Google Adword untuk hasil yang lebih optimal.

5. Google Play Store

Google Play atau Playstore adalah salah satu produk Google yang sangat bermanfaat dan mampu meningkatkan bisnis Anda dengan cepat.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan Google Play? Pertama, Anda bisa membuat website yang dapat mempromosikan usaha Anda.

Dengan website itu, kemudian Anda bisa membangun sebuah aplikasi yang terkoneksi dengannya dan dapati dibukan di smartphone. Lalu dengan bantuan Google Play, orang-orang bisa mendownload aplikasi Anda di gadget mereka.

Keberadaan aplikasi tentu memudahkan orang-orang yang ingin mendapatkan manfaat dari bisnis atau start-up Anda. Serahkan semua pada Google Play dan usaha Anda.


Demikianlah 5 produk dari Google yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk kita semua.

3 komentar untuk "5 Produk Google Yang Dapat Membantu Bisnis Anda"

  1. Gmail memang sangat bermanfaat banget.. nilai plusnya gratis pula

    BalasHapus
  2. Benar, gmail paling mendominasi karena free dan fiturnya banyak. Terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  3. Google bisnis paling mantap menurut ane 👍

    BalasHapus