Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Artikelmu Viral Dengan Mudah

Cara menulis artikel viral - Ingin blog sukses, maka harus mau belajar membuat artikel berkualitas. Salah satu indikatornya yaitu bisa viral di dunia maya dan dibaca banyak netizen.

Lalu bagaimana cara membuat artikel yang bisa viral? Sangat mudah sekali. Kami dari Blog Koloni Digital Indonesia sudah menyiapkan panduannya untuk kamu semua. Silahkan ikuti 7 langkah di bawah ini agar postinganmu bisa viral dan kemudian trafik blogmu akan meningkat tajam.

Daftar Isi

Sebelum kita membahas 7 cara gampang bikin artikel viral, maka haruslah dipahami dulu beberapa poin penting berikut :

  • Perhatikan apa yang kamu tulis. Di dunia digital, sekali kamu menulis sesuatu itu akan terus tersimpan di sana. Terlebih jika ingin menciptakan konten yang viral, maka pastikan betul-betul itu tidak merugikanmu suatu saat nanti. Bukankah tujuan kita membuat artikel yang di-share banyak orang agar kita bisa untung? Maka tulislah sesuatu dengan baik tanpa menyinggung SARA atau hal sensitif lainnya.
  • Walaupun kamu yang menulis, ada baiknya untuk tetap menjaga identitasmu. Ini juga berkaitan dengan orang-orang disekelilingmu. Jangan pernah dengan sengaja membeberkan hal-hal privat seperti kartu kredit, bisnis, dll.

Dua hal di atas penting diketahui sebelum kamu menciptakan artikel yang superb dan akan dibaca jutaan orang. Jika sudah siap, mari kita mulai 7 tips membuat konten menjadi viral dan memiliki trafik tinggi.

Cara Menulis Artikel Viral

Cara bikin artikel viral
Membuat Konten Viral

Nantinya trafik tinggi inilah yang akan kamu konversi menjadi uang. Seperti dilansir dari situs Esaiedukasi.com, blog merupakan salah satu dari 7 usaha sampingan kekinian yang berpotensi mendatangkan banyak keuntungan. 

1. Tentukan Target Pembaca

Ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Apa konten yang ingin kamu tulis? Untuk siapa itu nantinya? Jadi intinya tentukan target pembaca dengan tepat, karena hal tersebut akan menentukan isi dan topik artikel.

Sebagai contoh, jika targetmu adalah ibu rumah tangga, maka topiknya bisa seperti perselingkuhan, percintaan, isu rumah tangga dan bahkan tips mendidik anak.

Tentukan dengan tepat target pembaca dan sesuaikan itu dengan artikel. Di balik juga bisa, yakni menentukan tema lalu nanti menentukan target yang tepat.

Jangan pilih audiens yang terlalu sempit ceruknya, seperti mahasiswa seni semester akhir. Itu sangat kecil potensi pembacanya. Coba lakukan riset dan tentukan target pembaca yang setidaknya :

  • Sering membaca artikel.
  • Jumlahnya banyak.
  • Terhubung dengan gadget dan internet.
  • Berpotensi memviralkan artikel Anda.

Ada beberapa isu yang sebenarnya cocok untuk semua kalangan. Kalau mampu cobalah main di area tersebut. Makin banyak target pembaca, makin baik.

2. Buat Judul Menarik

Ini yang semua orang belum tentu bisa, yakni membuat judul yang menarik. Kenapa hal ini menjadi sangat penting?

Karena pada dasarnya pembaca akan melihat judul dari kontenmu sebelum akhirnya menentukan untuk membacanya lebih lanjut. Kalau judulnya saja tidak menarik, jangan terlalu berharap untuk bisa mendatangkan banyak trafik. Maka dari itu buatlah judul yang bombastis.

Apakah harus clickbait? Bisa iya bisa tidak. Sedikit heboh juga boleh asalkan masih ada relevansi dengan isi daripada artikel. Hindari menulis judul hiperbola namun pada kenyataannya tidak terkait dengan hal-hal yang kamu tulis di postingan. Hal ini hanya akan membuat orang kecewa dan andaikanpun viral, itu tidak akan optimal.

Saking pentingnya masalah judul ini, kamu bisa membuatnya nanti setelah seluruh isi artikel sudah ditulis dan postingan sudah dilengkapi gambar. Pikirkan masak-masak karena jika sudah di-post, kamu akan sulit untuk mengubah judulnya.

3. Beri Gambar Bombastis

Ini juga sama pentingnya dengan poin pertama dan kedua, yakni gambar yang mengundang rasa penasaran. Kamu harus memikirkannya masak-masak. Pilihlah gambar yang tepat namun memiliki kekuatan untuk menarik calom pembaca meng-klik artikelmu.

Ada baiknya kamu mengedit sendiri gambarmu agar tidak bermasalah di kemudian hari. Atau setidaknya ambil dari sumber yang memang mengijinkan untuk digunakan ulang. Kamu bisa mencoba mencarinya di unsplash atau istockphoto.

Ada baiknya di gambar-gambar tersebut kamu edit dan beri semacam stempel dengan logo atau url blogmu agar situsmu semakin familiar.

4. Gunakan Bahasa Emosional

Sekarang kita akan masuk ke bagian teknis penulisan. Kalau benar-benar ingin membuat artikel yang viral, maka gunakan teknik yang tepat.

Salah satu teknik yang popule digunakan adalah dengan narasi emosional. Apa itu? Yakni dengan menulis seperti bercerita namun tambahkan bumbu-bumbu yang mengaduk-aduk emosi pembaca kamu.

Pelajari kata atau kalimat tertentu yang secara efektif bisa memancing simpati ataupun membuat gemas hati para pembaca. Pesan kami, hati-hati jika sudah masuk ke bagian ini. Pastikan bahwa apa yang Anda sampaikan cukup bermanfaat.

5. Perhatikan Struktur Penulisan

Ada tiga hal penting yang berkaitan dengan struktur penulisan di poin ini, yaitu redaksional, alur logika dan kenikmatan untuk dibaca.

Sebelum menekan tombol publish, edit dan evaluasi redaksional dari artikelmu. Jangan sampai ada yang tipo ataupun salah ketik. Hal ini akan mengurangi kenyamanan pembaca. Pelajari juga EYD dan tata bahasa yang benar.

Untuk alur logika, gunakan teknik penulisan yang runut. Buat pembuka, isi dan penutup. Tulis draft sebelum membuat artikel secara langsung. Jangan sampai logika yang digunakan terlampau tidak masuk akal.

Untuk hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah tata letak. Pembaca akan menikmati artikelmu dari komputer, tablet, atau handphone mereka. Untuk itu buat artikel dengan jarak antar paragraf yang cukup sehingga tidak terlihat terlampau padat atau penuh. Selain itu pastikan warna, ukuran dan jenis huruf tidak menyiksa mata pembaca.

6. Pastikan Artikel Shareable

Apa itu shareable? Yakni mudah untuk dibagikan ke sosial media. Untuk hal ini, Anda harus mengutak-atik template blog Anda. Jika mau cara yang lebih mudah, maka pilihlah template yang bagus dan memang memiliki fasilitas share ke sosial media tanpa perlu ribet.

7. Bagikan ke Sosial Media

Setelah selesai dan melakukan submit ke webmaster Google maupun Bing, tugas anda selanjutnya adalah memasarkan artikel Anda. Ada banyak trik dan formula khusus yang memang perlu dipelajari, namun pada dasarnya pilihlah tempat alias sosial media yang tepat.

Dua sosmed yang paling sering digunakan oleh para content creator, copywriter dan pakar SEO adalah facebook dan twitter. Namun untuk membagikan artikel tersebut, ada trik khusus. Pelajari dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh.

Kesimpulan : Sering Berlatih

Demikianlah 7 tips ampuh yang akan membantu membuat artikel blogmu viral. Satu hal yang harus kami lakukan adalah terus berlatih. Perbaiki kemampuan menulismu dan jangan lupa untuk terus mengikuti semua artikel dari kami, Blog Koloni Digital Indonesia yang memang didirikan khusus untuk membantu semua blogger pemula agar bisa berbagai ilmu dan wawasan seputar dunia blogging, adsense, internet, sosial media dan koding.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu semua. Barengi juga dengan mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis artikel yang benar. Apakah ada ide lain dari sobat Koloni Digital semua? Silahkan bagikan di kolom komentar.

Blog Koloni Digital

2 komentar untuk "Cara Bikin Artikelmu Viral Dengan Mudah"

  1. setuju banget dengan point-point yang disebutkan diatas. membuat konten viral memang harus perhatikan banyak hal

    BalasHapus
  2. Dr 90 artikel yang page one cm 1, thanks banget infonya

    BalasHapus