Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tahap Menulis Artikel Menarik Sesuai SEO

Langkah menulis artikel SEO - Apa rahasia agar artikel bisa mendapatkan banyak trafik dan dianggap menarik? Tentu saja jika artikel tersebut bermanfaat serta mudah dirayapi oleh mesin pencari

Nah ini kunci utama untuk mendatangkan banyak pengunjung blog, yaitu bagaimana cara menulis konten sesuai kaidah SEO serta berguna bagi pembaca.

Dalam kesempatan kali ini, Koloni Digital sebagai wadah para blogger pemula untuk saling berbagai ilmu, akan membagikan tahapan menulis artikel yang benar agar energi, waktu dan kuota internet Anda tidak terbuang percuma.

Daftar Isi

Akibat Menulis Artikel Tidak Sesuai SEO

Sebagai contoh, mimin sebelum memahami rahasia menulis artikel agar viral dan SEO, juga banyak bikin konten. Dulu, sewaktu belum memahami optimasi dengan benar, mimin bisa bikin minimal 10 postingan blog dalam sehari, namun trafiknya sangat sedikit.

Keadaan yang demikian berlanjut selama hampir dua tahun. Artikel sudah ratusan namun blog tetap sepi, bahkan pengunjung rata-rata hanya 300 orang visitor dalam sehari. Paling banyak seribu.

Di situ mimin menyadari ada yang salah dalam proses blogging selama ini. Ternyata semua sumber dan tutorial yang dipakai banyak yang tidak berhasil. Selain sedih ini menjadi pembelajaran dan tekad agar bisa membuat sebuah wadah bagi blogger awam dan semua yang ingin menulis artikel untuk bisa saling berbagi ilmu dengan benar. Maka lahirlah Koloni Digital Indonesia.

Apa sobat koloni juga mengalami hal yang serupa? Susah dapat trafik banyak padahal terus menerus posting artikel secara rutin? Jika iya, pasti ada yang salah.

Nah sebelum melangkah ke tutorial menulis artikel blog yang benar, mimin ingin memberikan sebuah rahasia besar! Jadi ilmu optimasi atau SEO itu ada banyak lho, namun tidak semua wajib untuk diterapkan.

Semua tergantung pengalaman, keahlian dan kondisi dari masing-masing blogger. Contohnya ini, ada owner blog full time yang tentu saja bisa fokus mengurus situsnya, pasti akan menerapkan ilmu seo sebaik serta selengkap mungkin. Bahkan yang rumit termasuk menyebar tautan hingga mengutak-atik template.

Lalu apakah sobat perlu melakukannya semua dengan detail? Tidak perlu. Kecuali kamu memang seorang full-time blogger dengan puluhan blog dan menjadikan blogging sebagai pusat pemasukan, lebih baik tidak perlu membaca artikel ini, karena di sini kami berbagi untuk mereka yang awam atau baru.

Namun jika sobat adalah blogger yang baru mengenal dunia blogging, silahkan dilanjutkan. Jadi kesimpulannya, tidak perlu melakukan optimasi secara mendetail dan menyeluruh. Cukup beberapa aspek saja yang harus dioptimasi. Jika sudah dilakukan dengan baik, maka trafik juga akan mengalir banyak. Apa saja 3 aspek tersebut?

  • Optimasi template.
  • Menulis artikel dengan benar sesuai kaidah SEO.
  • Memiliki jaringan yang tepat.

Tiga hal itu yang perlu sobat fokuskan dan jangan kaget jika nanti blog yang dimiliki rutin masuk page one Google, Bing, Yandex, atau mesin pencari lainnya. Mari kita mulai, namun pada kesempatan kali ini, mimin hanya akan fokus pada poin kedua, yakni bagaimana cara untuk menyusun dan membuat artikel yang baik agar bisa memancing visitor membaca tulisan Anda.

Langkah Menulis Artikel SEO Menarik

Menulis secara SEO
Menulis artikel sesuai SEO

Dalam artikel yang lumayan panjang ini, kita akan bersama-sama untuk belajar tahapan-tahapan dalam membuat postingan blog sehingga mampu bersaing di laman pertama search engine serta dapat dinikmati oleh pembaca. Untuk itu mimin akan membahas tentang :

  1. Topik
  2. Riset Kata Kunci
  3. Menulis Artikel
  4. Melengkapi Dengan Gambar
  5. Edit
  6. Submit URL

Semua langkah-langkah di atas adalah yang terpenting dari formula penulisan blog. Tentu dalam penjabarannya di bawah nanti, kamu akan menemui banyak sekali detail dan penjelasan yang lebih rinci. Mari kita mulai agar sobat koloni bisa segera berlatih membuat artikel dengan tahapan yang benar dan sesuai optimasi yang ada.

1. Topik

Topik adalah tema yang menjadi fokus pembahasan dari artikel. Salah satu yang dilupakan adalah kesesuaian artikel dengan niche blog, karena itu sanga penting sekali.

Usahakan tema yang akan kalian pilih dalam membuat postingan sejalan dengan niche blog. Sebagai contoh, sobat memiliki blog dengan niche pendidikan dan pengembangan karir, maka topik yang sejalan seperti cara menjadi pelajar yang baik, tutorial agar terhindar dari tindakan bullying, teori-teori pendidikan terbaru ataupun tips sukses wawancara kerja. Jangan sampai malah memilih topik beternak jangkrik ataupun panduan bermain game PUBG misalnya.

Nah, hal penting lainnya adalah pastikan topik itu sobat kuasai. Jadi kalau memang paham masalah musik, silahkan buat tulisan dengan topik tersebut. Atau kalau tidak benar-benar paham, setidaknya pastikan ada cukup banyak bahan sebagai referensi. Jangan sampai memilih topik kimia analitik namun selain tidak paham juga tidak tahu dimana mencari sumber yang kredibel

Baca juga artikel kami tentang Cara Memilih Niche Blog Agar Tidak Sia-sia menulis artikel.

Sebenarnya di tahap ini, sobat silahkan samakan dengan niche blog yang dimiliki. Kalau situs kamu membahas tentang lifestyle, maka topik besarnya juga itu. Sekarang, persempit lagi menjadi lebih mendetail. Lebih khusus. Sebagai contoh, trend fashion. Nah ketemu deh. Itu hanya contoh ya, silahkan modifikasi sesuai kebutuhan.

2. Riset Kata Kunci

Jika sudah berhasil mendapatkan topik, sekarang kita cari kata kunci. Nah untuk pemula ini agak sulit, khususnya bagi yang memiliki karakter penulis alami, yang menulis secara mengalir saja. Tidak apa-apa, Koloni Digital Indonesia akan membantu kamu memahami cara mencari keyword yang tepat.

Ada beberapa jenis keywords, yakni : keyword utama, sampingan, turunan. Untuk memahaminya kita pakai contoh blog lifestyle dengan topik trend fashion.

Silahkan gunakan satu atau beberapa tools berikut : Ubersuggest, Keyword Planner, Wordtracker, Google Trends, Bing Analyze, dll. Bisa juga dengan mengamati hal yang sedang ngetrend di Quora, LinkedIn, Twitter maupun Kaskus.

Cari kata kunci utama, semisal akhirnya ketemu trend fashion wanita untuk tahun 2020. Nah nanti optimasi keywords tersebut. Namun sebagai blogger harus cerdas dan cerdik. Gunakan kata kunci cadangan atau sampingan untuk juga dioptimasi. Cari keyword yang mirip dengan yang utama dan optimalkan juga. Misal ketemu batik modern, totebag, atau pakaian kerja untuk wanita karir.

Sekarang kita cari kata kunci turunan. Ini ribet, ada formula dan harus paham LSI. Begitulah kata sebagian orang, tetap bagi mimin itu tidak sepenuhnya benar, kecuali agan pingin bikin artikel dalam Bahasa Inggris. Kalau pakai bahasa kita, perhatikan saja sinonim, definisi dan nomina atau noun.

Kenapa penting memahami noun? Noun atau kata benda adalah jenis kata yang paling sering muncul. Nah pahami pemiliham common noun dan proper noun. Contohnya common noun adalah fashion, maka proper noun bisa sepatu, tas, baju santai, baju kerja, dll

Jika sudah dapat, catat dulu semua. Ingat, mungkin tidak semua kata kunci yang kita dapatkan tersebut akan dimasukkan ke artikel. Selain SEO dan ramah search engine, juga harus tetap enak dibaca manusia.

3. Menulis Artikel

menulis sesuai aturan SEO
mempelajari SEO

Nah dalam tahap ketiga ini, silahkan masuk ke notepad. Biasakan menggunakan notepad, sublime atau software pengolah kata yang mirip ya. Jangan pakai wordpad, microsoft word, atau sejenisnya. Nanti kalau dipindah ke blog akan berantakan.

Dalam tahap ketiga ini, pertama-tama buatlah outline atau rancangan artikel. Ada tiga bagian utama, yakni pembuka, isi dan penutup. Tentukan bagian awal akan diisi apa saja. Misal introduksi, pembukaan menuju ke topik bahasan (lead-ini), dll. Atau bisa langsung menuju ke topik bahasan. Gunakan variasi, bisa dengan kalimat tanya, definisi suatu kata atau sapaan khas.

Dalam bab isi, pecah menjadi listicle yakni menulis artikel dalam bentuk daftar. Seperti :

Banyak orang meramalkan, trend fashion 2020 akan berkutat pada warna-warna cerah namun tetap elegan. Selain itu batik akan terangkat pamornya sehingga kemudian corak tradisional tanah air itu akan digunakan untuk tas, baju hingga asesoris.

Inilah trend pakaian wanita yang diramalkan akan booming.

1. Pakaian kerja : Dengan semakin banyaknya wanita yang memilih untuk berkarir, hal ini akan menjadi stimulus dari brand terkenal untuk mengeluarkan produk fashion berupa setelan pakaian kerja perempuan yang ...........................

2. Tas : Semakin lama, tas kecil yang praktis semakin disukai. Ini karena ..............................

Nah itu tadi contoh penggunaan artikel berbentuk listicle yang bisa sobat koloni semua contoh. Semakin lama, postingan berbentuk numbering atau list ternyata semakin populer.

Selain itu ingat tentang kata kunci yang sudah kita dapatkan? Sebar itu di judul, sub-judul, permalink, dan alt gambar. Ohya, pastikan artikelmu punya foto pendukung. Kita akan bahas itu sebentar lagi. Semua hal itu adalah formula yang selalu harus diingat ketika akan memadatkan atau meletakkan keyword.

Lalu apa lagi tipsnya? Tentu saja pastikan kalimat sobat semua enak dinikmati. Pastikan setiap kalimat bisa dipahami. 

Buka lagi buku sewaktu sekolah dulu, ingat-ingat cara membuat paragraf. Setidaknya ada satu dan memang harus ada satu ide pokok. Kembangkan dengan kalimat pendukung. Lebih bagus lagi sisipkan fakta pendukung dari situs atau sumber yang terpercaya.

Ada lagi? Ohya, pastikan strukturnya benar. Rajinlah berlatih untuk membuat alur logika yang runtut, baik dengan deduksi maupun induksi. 

Intinya sih sobat harus rajin berlatih menulis. Itu akan membuat kemampuan menulis alamiah kamu meningkat.

Jangan sampai loncat-loncat. Setelah membahas pengertian fashion, lalu membahas tas, balik lagi ke definsi fashion, trus ke sejarah pakaian kerja, eh tahu-tahu bahas brand terkenal.  

Buat struktur yang baik. 

Definisi umum >> klasifikasi jenis >> contoh-contoh >> kesimpulan.

4. Gambar

artikel SEO
artikel SEO

Ini juga penting. Pastikan ada gambar untuk membuat konten sobat semua menarik. Ini sebenarnya lebih kepada bagaimana menyajikan artikel untuk dibaca manusia, dimana orang-orang jaman sekarang mudah bosan membaca teks saja.

Ada beberapa fungsi gambar, yakni menarik perhatian, memancing keingintahuan, memperindah artikel, menjelaskan suatu proses atau istilah tertentu maupun sebagai upaya meningkatkan branding blog kamu semua. Punya kemampuan menggambar atau edit foto, ini akan sangat membantu.

Mimin sendiri hanya memberi satu atau dua gambar, kecuali memang artikel yang disajikan cukup panjang dan ada cukup banyak foto penunjang yang menarik. Jangan buang-buang bandwith dan kuota hosting untuk mengupload dan menyimpan gambar yang tidak perlu.

Beri caption yang baik dan menarik. Juga alt atau keterangan gambar tersebut harus dioptimalkan secara SEO, yakni dengan menyisipkan kata kunci utama.

5. Edit

Topik sudah ditentukan, kata kunci telah disebar dan artikel selesai ditulis. Mau langsung di publish? JANGAN! Biasakanlah untuk melakukan editing atau membaca ulang lalu mengedit hal yang tidak perlu maupun kurang menarik.

Pertama-tama, pastikan kata kunci yang berpotensi viral atau mendatangkan trafik sudah tersebar. Gunakan tools analisa kepadatan kata kunci. Ada yang premium, namun yang gratisan juga sudah cukup baik. Kurangi jika persentasenya kebanyakan. Tambah jika memang masih bisa.

Baca juga artikel kami tentang Rahasia Menyebar Kata Kunci di dalam Postingan Blog.

Walau tentu saja ini adalah hasil artikel Anda, cobalah untuk melakukan cek plagiasi. Gunakan berbagai tools gratis dan pastikan tulisan yang akan Anda publish original di atas 95%. Ini tandanya artikel unik dan berpotensi menjadi rujukan karena akan ditaruh di page one Google.

6. Submit URL

Tahapan terakhir yang harus dilalui adalah melakukan submit url dari artikel tersebut ke webmaster. Ada banyak sekali mesin pencari, namun beberapa yang perlu dipilih untuk dioptimalkan adalah Google, Bing dan Yandex.

Pelajari cara submit artikel Anda dan pastikan permalink serta judul sudah tepat karena jika telah terbaca atau dirayapi oleh mesin pencari, jangan pernah mencoba mengedit dua hal tersebut.

Jika enam langkah menulis artikel di atas sudah sobat koloni lakukan semua, maka selamat. Sekarang tinggal memaksimalkan akun media sosial kamu untuk memperkenalkan artikel kepada follower atau orang yang berteman denganmu.

Sukses menulis artikel SEO
Sukses menulis artikel SEO

Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lelah belajar bersama di Koloni Digital Indonesia, wadah sharing ilmu blogger pemula. Selanjutnya silahkan baca cara membuat artikel yang enak dibaca agar pengunjung bersedia kembali lagi ke blog Anda. 

Ps: jika Anda adalah seorang blogger pemula atau ingin lebih mendalami tentang SEO, khususnya SEO On Page, maka perbanyaklah ilmu dan wawasan Anda. Mulailah dengan membaca artikel pengertian dan rahasia SEO On Page

blog koloni digital

12 komentar untuk "6 Tahap Menulis Artikel Menarik Sesuai SEO"

  1. Saya pribadi mulai tercerahkan.Selama ini saya nulis ngk makai cara yg tepat.Beberapa artikel admin uda saya baca n mulai saya ambil sari2 pentingnya untuk diterapkan di blog saya.

    Sekedar usul dari saya blogger pemula.
    Kalau bisa dibuatkan vidionya min

    Salam hormat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support-nya. Turut bergembira jika tulisan kami bermanfaat.

      Hapus
  2. nah bagus nih ulasannya, boleh dong jadi penulis tamu di blog baru saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh gan silahkan ajukan tawarannya. Nanti saya buatkan artikelnya.

      Hapus
  3. Terima kasih artikelnya. Udah keliatan banget suhu SEO-nya dari gaya penulisan artikelnya yg runut, mengalir dan enak dibaca. Cuma ada yg saya bikin heran pas lihat ada satu atau dua tag nya, kok keliatannya nggak ada di artikel. Memang sih tag nyambung dengan topik artikel itu, tp katanya tag itu keyword yg ada si artikel. Mgkin ada wawasan lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan. Untuk soal tag, tadinya mau bikin teknik SILO tapi karena waktu dan tenaga jadi belum kesampaian.

      Hapus
  4. Terimakasih infonya hu, sangat bermanfaat buat pemula seperti saya, langsung saya coba ni.

    Semoga artikel yang saya tulis bisa menarik dan sesuai standar SEO layaknya tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga sukses ya. Senang sudah bisa membantu.

      Hapus