Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyebar Kata Kunci Pada Artikel Blog

Anda seorang blogger pemula yang ingin mengetahui cara menyebar keywords di dalam artikel? Bagus sekali karena kali ini, mimin Koloni Digital akan membahasnya secara lengkap. 

Daftar Isi

Teknik Menyebar Kata Kunci Pada Sebuah Artikel Dengan Efektif

Teknik Menyebar keywords yang benar
teknik menyebar kata kunci

Menyebar keywords sangat penting. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan postingan Anda untuk bersaing dengan tulisan sejenis di mata mesin pencari.

Harus diperhatikan bahwa hingga hari ini tidak ada panduan yang absolut mengenai teknik penyebaran kata kunci yang harus ditaruh di sebuah postingan blog. Satu-satunya clue yang ada adalah dengan membuat artikel yang berkualitas dan senatural mungkin.

Apa ini benar? Salah besar!

Benar kita harus membuat artikel berkualitas namun perkara bersaing di lembar pencarian mesin pencari adalah tentang SEO. Salah satu unsur optimasi terpenting adalah teknik menyebar kata kunci.

Lalu bagaimana cara untuk meletakkan kata yang kita bidik agar mudah diindeks oleh Google lalu mampu mengalahkan tulisan sejenis?

Berikut adalah panduan lengkapnya yang kami tulis sepenuh hati, khususnya untuk sobat blogger pemula.

Taruh Di Judul Postingan

Ini adalah posisi utama yang harus Anda perhatikan. Letakkan bidikan kata sobat di judul artikel. Pada umumnya judul artikel ditulis dengan format H1.

Sebagai contoh, silahkan sobat semua perhatikan judul dari postingan kali ini.

Jangan takut untuk bermain dengan short tail keywords. Tetapi jika sobat merasa lebih enak bermain dengan long tail keywords tidak masalah. Silahkan ubah dan modifikasi sedikit. Seperti ini misalnya.

Untuk itu, pastikan menulis H1 atau judul artikel dengan tepat. Jangan ngawur tetapi usahakan mengandung frasa yang menjadi target.

Taruh Di Sub Judul

Selain pada judul, maka letakkan juga kata utama yang ingin sobat tekankan pada masing-masing subjudul. Jadi otomatis dalam menulis, biasakan untuk melakukannya dengan terstruktur.

Apa maksudnya? Usahakan sebisa mungkin artikel tidak terlalu kurus atau singkat, namun dalam dan informatif. Lalu tuliskan secara runtut menggunakan beberapa sub judul.

Nah pada sub judul atau H2 itu, sisipkan kata kunci yang ditergetkan. Mudah bukan? Latihlah terus setiap akan membuat artikel.

Tulis Di Bagian Awal Paragraf Pertama

Ini yang sering dilupakan oleh para blogger pemula. Padahal ini salah satu rahasia yang maha penting dan harus diingiat. Letakkan frasa yang sobat fokuskan di bagian awal paragraf pertama! Jangan lupa ya.

Tulis Di Beberapa Titik Utama

Sebar kata kunci di beberapa bagian akhir dari kalimat terakhir paragraf pamungkas. Ini bisa dianggap sebagai kesimpulan atau konklusi.

Walau begitu, SEO tak berarti jika tak enak untuk dinikmati. Pastikan semua subyek tembak sobat tidak membuat artikel menjadi 'berisik' dan sesak dengan kata kunci.

Sebarlah kata kunci di beberapa titik berikut :

  • Kalimat terakhir paragraf terakhir.
  • Kalimat terakhir beberapa paragraf di tengah (body)
  • Bold dan italic beberapa kalimat yang memuat frasa bidikan sobat.
  • Tulis keywords di alt untuk semua gambar pendukung. 
  • Pastikan URL artikel juga mengandung kata kunci utama atau turunannya.
  • Gunakan sinonim dan kata turunan lalu sebar secara merata. Hati-hati untuk yang satu ini. Jika ceroboh artikel akan langsung dianggap spam oleh mesin pencari.

Tulis Di Meta Deskripsi


Tahu meta deskripsi artikel? Jika sobat memakai platform Blogspot, silahkan lihat di sisi kanan dan cari bagian Deskripsi Penelusuran.

Bagian ini juga sangat penting karena selain membuat artikel makin SEO juga membantu calon pembaca memahami gambaran ringkas isi postingan sobat.

Di kesempatan yang lain Koloni Digital akan memberikan materi mengenai keywords density yang diyakini masih tetap berpengaruh sebagai indikator SEO suatu artikel bahkan blog. 

Waspadai Persentase Keywords

Perhatikan poin yang ini. Jangan terlalu fokus menyebar dan memaksakan keywords. Gunakan sinonim ataupun kata terkait untuk bisa mendukung artikel sobat agar tetap SEO namun enak dinikmati.

Algoritma Google maupun Bing semakin cerdas dan kejam. Mereka tidak segan menyingkirkan artikel yang dianggap spam. Lain kesempatan, Koloni Digital akan berbagi mengenai LSI atau Latent Semantic Indexing.

Sobat bisa membaca artikel kami di alat menulis artikel blog sehingga bisa memanfaatkan tools, khususnya untuk menganalisa persentase keywords dalam artikel. 

Kesimpulan

Cara menyebar kata kunci di artikel

Supaya membuat artikel yang SEO dan mudah di-crawl oleh mesin pencari lalu muncul di halaman awal hasil pencarian, maka penting untuk mengetahui teknik menyebar kata kunci.

Ada beberapa titik yang harus diutamakan dalam menyebar keywords agar artikel makin terstruktur dan gampang terindeks oleh robot search engine.

Walau begitu waspadai penggunaan frasa dan kalimat secara berulang-ulang agar tetap nikmat untuk dibaca. Buatlah artikel yang dalam, informatif, unik dan original. 

Pada artikel selanjutnya kami akan menyinggung mengenai over optimization karena frasa kunci yang berlebihan dan cara mengatasinya.

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat serta memberi wawasan perihal cara menyebar kata kunci yang tepat dan efisien dalam artikel blog.

Posting Komentar untuk "Cara Menyebar Kata Kunci Pada Artikel Blog"