Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Gratis Dan Mudah Agar Blog Makin Dikenal

Agar blog dikenal masyarakat - Mendapatkan trafik tinggi adalah impian semua blogger. Salah satu caranya, sobat harus memiliki inovasi agar blog bisa dikenal banyak orang. Bagaimana caranya?

Dalam kesempatan kali ini mimin sudah siapkan tutorial sederhana yang mudah dimengerti serta dilaksanakan supaya bisa menaikkan jumlah pengunjung blog sobat semua. 

Daftar Isi

Tips Menaikkan Trafik Blog

Menggunakan Iklan Berbayar

Cara yang paling efisien tentu dengan mengandalkan ads atau marketing berbayar. Apa itu? Jadi sobat menggunakan jasa pihak lain agar blog Anda bisa muncul di pencarian, laman media sosial ataupun iklan di situs lain.

Ada banyak penyedia jasa seperti itu, antara lain Google Adwords, Youtube Ads, Facebook Ads, Linkedln Ads, dan sebagainya. Blog sobat akan muncul di laman sosial media atau pencarian ketika pengguna internet lain sedang melakukan aktivitas mereka.

Namun bagi blogger yang masih pemula, nampaknya cara yang demikian masih dipandang susah mengingat budget yang dikeluarkan tidak sedikit. Terlebih ternyata jika salah setting, bisa-bisa mengalami boncos atau boros tetapi tidak sesuai dengan trafik yang diinginkan.

Mimin sendiri sering melakukannya. Paling sering pakai Google Adwords dan Facebook Ads. Pengalaman pribadi mimin, budgetnya bukan lagi ratusan ribu atau juta, namun sudah lebih dari itu.

Nah saran mimin, kalau memang mau pakai cara itu, pastikan sobat punya mentor yang tepat. Setidaknya Anda paham cara kerja dan algoritmanya agar tidak boncos. Juga sebaiknya blog yang diiklankan memiliki tujuan untuk menjual jasa atau produk, bukan lagi melulu dari Google Adsense maupun menjadi publisher iklan.

Cara Gratis

Cara gratis dan mudah untuk meningkatkan trafik blog
Menaikkan Trafik Blog Gratis

Lalu gimana dong? Apa ada cara lain yang tidak berbayar agar blog kita makin dikenal? Ada banyak. Ratusan caranya! Namun mimin akan bagikan empat tips aja supaya sobat pemula tidak bingung. Kan tujuan dari Koloni Digital Indonesia adalah sarana belajar bersama bagi blogger baru.

4 Cara Gratis Agar Blog Makin Dikenal

Silahkan simak ya. Ini dia 4 alternatif cara untuk membuat blog makin dikenal oleh pengguna internet sehingga bisa mendatangkan trafik tinggi.

Share Ke Sosial Media

Walau banyak blogger senior yang bilang jangan share tautan url situs ke sosial media, namun menurut mimin pribadi, hal ini tidak masalah. Bahkan bagi blogger pemula, membagikan postingan blog ke sosial media adalah cara gratis yang paling efektif.

Kenapa bisa? Karena nantinya teman-teman agan di sosial media itu akan membaca thumbnail dan deskripsi singkat dari artikel sahabat. Nah sekarang tinggal gimana caranya kita bikin foto, judul dan ringkasan post yang super menarik agar follower kamu membuka link itu.

Memang tidak dipungkiri bahwa ini juga bisa bikin orang menjahili blog agan, tetapi kalau mereka memang punya karakter buruk, cara apapun juga ga akan aman. So, jangan ragu share aja link dari artikel yang menarik punya agan.

Blogger senior memang menganjurkan tidak melakukan ini. Tetapi ingat, mereka udah terkenal. Trafiknya sudah ribuan bahkan puluhan ribu perhari.

Nah kalau untuk pemula, ini bisa jadi jalan awal buat memperkenalkan blog agan. Di kesempatan yang lain mimin akan berbagi khusus pengalaman kami dalam menggunakan media sosial sebagai sarana menaikkan trafik yang works 100% ya.

Menjadi Guest Writer

Banyak loh blogger terkenal yang membuka lowongan guest writer. Apaan itu? Artinya sobat bisa menulis artikel di sana dan menyertakan link ke blog agan.

Lho, bukannya itu hanya menguntungkan pemilik blog saja? Kita yang bikin artikel tapi di-post ke situs mereka?

Tunggu dulu, sahabat. Biarkan mimin menjelaskan. Jadi para blogger senior atau terkemuka itu sudah punya ribuan views setiap harinya. Tanpa ada artikel kamu, mereka tetap punya trafik tinggi. Nah tugas kita adalah membuat artikel sebagus mungkin biar bermanfaat bagi pembaca dan syukur-syukur mampir ke blog sahabat melalui eksternal link yang ada.

Bergabung Dalam Komunitas Blogger

Ada banyak komunitas blogger, seperti rumah blogger, blogger perempuan, dll. Juga ada yang berdasarkan niche atau domisili tertentu. Sobat tinggal milih mau gabung yang mana.

Lalu apa yang dilakukan di sana? Pertama perkenalkan diri kamu ke member yang lain. Lalu aktiflah berdiskusi. Dulu mimin sering banget lo pake cara ini. Bisa dapet banyak temen. Apalagi sekarang banyak kok komunitas yang berbasis Line, Telegram atau Whatssapp.

Supaya efektif, mimin akan kasih ide. Dulu mimin selalu pantau diskusi di sana. Ada banyak yang nanya tentang hilangnya iklan di blog setelah update algoritma. Mimin langsung gerak cepat buat artikelnya dan bantu jawab problem temen-temen di sana. Lumayan bisa ngebantu plus blog mimin makin dikenal.

Blogwalking

Ini cara paling kuno dan dahulu sangat diandalkan, khususnya oleh blogger medio 2004-2014. Jadi kami akan saling berkunjung dan meninggalkan jejak di komentar. Ada istilah "kunbal ya gan" atau kunjungi balik ya.

Nah silahkan teman-teman coba lagi cara kuno itu. Tetapi hati-hati. Tinggalkan link jika memang diperkenankan. Selain itu kasih komentar yang tepat untuk artikel yang dibaca. Jangan seolah-olah kayak ngemis kunjungan balik ya.

Itu dia empat cara paling mudah yang bisa dilakukan sobat pemula semuanya. Atau sebagai alternatif, baca juga cara promosi blog berbayar. Semoga bisa membantu. Silahkan coba mumpung gratis.

Blog Koloni Digital

6 komentar untuk "4 Cara Gratis Dan Mudah Agar Blog Makin Dikenal"

  1. Nice info gan,, thanks tipsnya

    BalasHapus
  2. Info yg sangat bermanfaat mas..

    https://interwepo.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kalau saya lebih suka blogwalking sama guest post gan. Alasannya ya lebih mudah saja sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan, itu juga sangat efektif kok. Thanks sudah mampir ya. Blog agan juga bagus.

      Hapus