Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog? Ini Faktanya!

Salam Blogger. Banyak pemilik blog masih bertanya-tanya satu hal : bagaimana caranya agar bisa menghasilkan uang dari blog yang mereka miliki?

Tentu bagi para master blog ini pertanyaan sederhana dan sangat mudah. Tetapi untuk para pemula hal ini seperti berjalan di hutan yang gelap. Salah langkah akan diterkam harimau atau buaya.

Cara dapat uang dari blog
Mendapatkan uang dari blog

Orang-orang, khususnya para master sering menulis artikel cara mudah menghasilkan uang dari blog. Blogging memang akan membuat blogger kaya raya.

Sepuluh atau dua puluh juta sebulan bukan hal yang mustahil. Bahkan jika dilihat dari grup-grup Facebook maupun forum, banyak yang ngaku-ngaku pendapatannya kisaran seratus jutaan perbulan.

Nah, apa itu semua beneran atau bualan agar blog mereka jadi rujukan para netizen atau pengguna internet yang tergiur cepat kaya dari blog? Koloni Digital sebagai sarana belajar antar pemula akan membahasnya.

Daftar Isi

Fakta Sebenarnya Kaya Lewat Blog

Sebelum mimin jawab pertanyaan yang ada di judul artikel ini, ijinkan Koloni Digital untuk membeberkan fakta agar setidaknya sobat semua tidak tersesat. Baca sampai selesai ya brutal truth list berikut :

  • Fakta #1 Menjadi Kaya Lewat Blog Itu Benar
  • Fakta #2 Jarang Ada Blogger Yang Sudi Membeberkan Rahasianya
  • Fakta #3 Google Selalu Memperbaharui Algoritmanya

Nah itu tiga fakta yang harus sobat semua sadari dahulu. Kita harus membetulkan konsep berfikir yang mungkin sebelumnya sudah teracuni berbagai artikel tentang cara mudah kaya dengan ini itu..... padahal semuanya tidak semudah itu.

Dalam postingan kali ini, Koloni Digital akan membeberkan fakta-fakta terkait jargon kaya lewat blog. Setelah itu kita akan belajar bagaimana tips yang benar untuk menghasilkan uang dengan menulis di situs teman-teman semua.

Fakta #1 Menjadi Kaya Lewat Blog Itu Benar

Tentu itu sangat benar. Banyak orang yang sudah menghasilkan banyak dolar maupun rupiah dari hasil aktivitas di blog mereka. Oke, tak percaya? Mari mimin beri skrinsut untuk bisa menambah semangat sahabat semua dalam ngeblog ya.

Pasti semua blogger tanah air kenal dengan mas Sugeng, bener khan? Beliau juga adalah salah satu blogger panutan mimin.

Penghasilan Mas Sugeng
Penghasilan Mas Sugeng

Nah sudah lihat skrinsutnya? 1 Milyar lebih! Luar biasa bukan? Dengan segala kredibilitas Mas Sugeng, maka sobat bisa meyakini postingan beliau mengenai pendapatannya ini.

Ini adalah bukti bahwa benar sekali orang bisa mendapatkan banyak uang lewat aktivitas ngeblog. Itu tidak salah. Bukti lainnya, masih dari situs Sugeng.ID adalah tangkapan layar berikut :



Pendapatan Blog Mas Timon dari Adsense
Pendapatan Mas Timon

Itu adalah skrinsut dari pendapatan blog Mas Timon semasa masih Joint Venture dengan Sugeng.Id, yakni 6 ribu dolar lebih pertahun. Berapa puluh juta? Silahkan itung sendiri.

Bahkan di blog Timon Adiyoso, beliau memberi hadiah berupa mobil untuk sang istri tercinta dari hasil ngeblog. Luar biasa bukan! Hayo, sudah mulai bersemangat

Jadi ini fakta pertama, ngeblog bisa menghasilkan uang!

Fakta #2 Jarang Ada Blogger Yang Sudi Membeberkan Rahasianya

Ini wajar dan tak perlu ngiri. Semua butuh kerja keras. Para master juga pingin kita yang nubi ini berjuang seperti mereka dari nol agar bisa mengerti apa itu perjuangan sehingga merasakan pahit getir dari setiap langkah pembelajaran yang diambil.

Bukti? Sudah berapa ratus artikel tentang menulis blog, SEO, optimasi, bahkan tips aneh-aneh yang sobat baca? Apakah itu sudah membuat sobat mendapatkan 10 juta perbulan? Atau membeli rumah untuk keluarga sobat? Jika sobat membaca artikel ini, maka ekspektasi mimin, sobat sama kaya mimin, masih belum mencapai level itu.

Ini fakta kedua, untuk mencapai ke sana, jalannya tidak mudah. Bahkan saking gelapnya kelihatannya tidak ada jalan sama sekali.

Sudah optimasi sana-seni, beli template premium, rajin tanya komunitas tapi visitor ga pernah nyampe 1000 perhari. CPC juga bikin hati dongkol karena beli nasi bungkus aja belum cukup. Kepikir ikut seminar? Yakin? Silahkan telusuri lebih dalam testimoni mayoritas para nubi! Apa yang mereka dapatkan?

Nah fakta no 2 ini tidak bertentangan dengan fakta no 1 kok. Peluang kaya itu tetap ada, seberapapun kecil probabilitasnya!

Nah ini yang salah kaprah : para blogger nubi hanya berjuang dari satu aspek saja, yaitu Google Adsense.

Benar bahwa GA memberikan peluang terbesar diantara adsense lain yang bahkan banyak bersifat ngibul alias scam. Namun coba deh liat. Ada ga iklan di Panduan IM. Atau ads di Sugeng Id? Jawabannya? GA ADA SAMA SEKALI!

Mas Sugeng mendapatkan penghasilan dari membuat template yang luar biasa, yakni Evomagz, Viomagz dan Vio Toko. Panduan IM kemungkinan memberikan jasa konsultasi digital marketing untuk pebisnis dan korporat.

Mas Timon memang mengandalkan Google Adsense tetapi beliau main sejak bertahun yang lalu. Sedang mimin pribadi menjadi ghostwriter, content creator dan penulis freelance untuk bisa mendapatkan penghasilan sampingan yang kadang lebih besar dari penghasilan utama.

Jadi sobat harus sadar, bahwa Google Adsense bukan satu-satunya cara kaya raya lewat blog.

Fakta #3 Google Rajin Update Algoritma

Negara Indonesia masih sangat mengandalkan Gugel sebagai search engine utama. Nah sebenarnya sih ada banyak mesin telusur cuma mbah gugel yang emang paling terkenal.

Nah ini tantangannya : Google rutin melakukan update algoritma dan itu sangat berpengaruh buat blogger, khususnya yang tidak mengandalkan ads sebagai marketing strategic dan langkah buat nongol di page one.

Alhasil mau tidak mau Nubi harus rajin mengikuti perkembangan SEO. Ini kalau mau bertarung dengan para master blog yang benar-benar mengandalkan pemasukan dan hidup dari blogging. Berani?

Memang ada rahasia tertentu yang jarang diungkap bahwa ada metode untuk bisa mendatangkan trafik berlimpah nyaris tanpa SEO sama sekali. Apa itu? Lain waktu Koloni Digital akan membahasnya untuk sobat nubi semua.

Langkah Menghasilkan Uang Dari Blogging 

Tapi kali ini kita akan fokus bagaimana sih tips supaya dapat uang dari blogging? Nah sudah ada paham kan 3 fakta di atas? Selanjutnya kita akan belajar cara praktisnya. Baca pelan-pelan ya!

1. Google Adsense

Ada banyak hal yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi publisher Google Adsense. Koloni Digital akan membahasnya lain kesempatan namun intinya tetap GA adalah salah satu cara paling favorit para narablog negara +62 walau CPC sangat kecil.

Saran mimin, coba buat artikel bahasa Inggris secara ternyata CPC dan targetnya lebih besar dari bahasa Indonesia. Ini serius loh.

Masih ingat fakta ketiga? Jadi Andaikan sobat newbie sudah menjadi publisher Adsense namun jika trafiknya masih sedikit, kayak dibawah 5000 perhari, jangan kaget ya kalau pendapatannya juga cuma seuprit.

Untuk mendapatkan gaji bulanan, yakni sekitar 2 juta perbulan, butuh perjuangan yang keras dan waktu yang tidak sedikit. Sobat harus bereksperimen dengan SEO, marketing sosial media, metode ads, aneka gaya menulis, hingga blog walking.

Dan untuk mencapai itu tidak instant. Ini kami tulis dengan sejujur-jujurnya agar sobat jangan sampai tergiur secara buta apalagi belum apa-apa sudah keluar dari kerjaan utama lalu menekuni blogging namun tidak memiliki visi dan panduan yang jelas.

Selain Google Adsense, sebenarnya ada lagi penyedia jasa iklan yang siap sobat coba. Contoh yang naik daun adalah WordAds, MGID dan ProperAds.

2. Link Berbayar

Kalau sobat main di blog download, lebih ciamik lagi. Manfaatkan jasa dari safelink atau sejenisnya. Jadi ketika visitor blog sobat ing mendownload, mereka akan mengklik sebuah tautan berbayar. Makin banyak yang menekan link itu bayaran juga makin berlimpah.

3. Content Placement

Kalau blog sobar sudah dikunjungi puluhan ribu orang tiap bulannya, bolehlah membuka jasa penempatan konten. Nah ini maksudnya orang akan membayar pemilik web dengan imbalan artikel atau konten mereka dimunculkan.

Banyak banget lo perusahaan yang butuh blogger buat mengendorse atau mereview produk mereka. Harga per artikel atau konten bervariasi, bisa 3 juta per artikel per tahun hingga 10 juta. Gedhe kan

Namun mimin harus jujur ya. Sobat haruslah punya cukup kredensial sehingga perusahaan percaya dengan blog teman-teman.

Selain itu situs tersebut haruslah sudah banyak pengunjung. Tetapi kalau mau coba-coba ga papa kok. 

4. Ikut Lomba Blog 

Ini buat sobat yang ahli nulis dan punya mental tanding. Ga bisa SEO? Ga papa, ada banyak lomba blog yang menitik beratkan pada konten kok. Coba aja sekali-kali. Siapa tahu menang.

5. Menjadi Penulis 

Atau sobat pandai menulis artikel dengan kekuatan emosi yang luar biasa yang bikin pembaca marah, sedih, ketawa, mangut-mangut kaya marmut? Coba main dulu di IDN Times, Babe, atau UC Browser. Di sana sudah ga usah mikir SEO karena sifatnya user generated content alias blog milik korporat. Sobat cuma nulis. Tetapi enaknya di sana sudah punya banyak pembaca setia. Dan pembacanya biasanya ratusan ribu hingga puluhan juta per hari.

Mimin sendiri mengawali karir di internet lewat jasa penulis artikel, mulai dari yang jaman citizen journalist hingga sosial media marketing dan copywriting. Dulu, awal tahun 2011, jasa seperti ini sepi saingan. Namun walau sekarang lebih kompetitif, jangan menyerah ya, kawan.

Kalau mau order di mimin atau tanya-tanya, boleh kok. Bisa lihat di tautan ini atau silahkan kirim pertanyaan ke kolom komentar ya.

Kelima hal di atas merupakan sedikit dari puluhan cara menghasilkan uang lewat blog? Ada lagi? Banyak sekali sobat, seperti membuat blog lalu menjualnya. Ada juga JV ala Mas Sugeng. Kalau mau hebat, sekalian bikin dan oprek template lalu dikomersilkan.

Namun untuk kali ini, bagi sobat Koloni Digital tercinta, yuk kita pelajari 5 cara itu terlebih dahulu. Semoga sukses ya. Boleh kok kalau mau dishare artikel ini agar makin banyak blogger pemula yang sadar dan tidak tersesat. Salam blogger.

4 komentar untuk "Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog? Ini Faktanya!"

  1. Balasan
    1. Terima kasih Mas Gun. Silahkan mampir ke artikel yang lain ya.

      Hapus
  2. punya saya belum di monitisasi, pemula bang. sangat bermainfaat infonya lanjut trus updatenya bang

    BalasHapus
  3. Ada banyak jalan untuk menghasilkan uang dari internet. Tergantung pilih yg mana

    BalasHapus