Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Inspirasi Untuk Menulis Artikel Blog

Hai sahabat blogger dan penulis semua, semoga selalu dalam keadaan baik. Menulis artikel memang merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tetapi terkadang hal ini bisa sangat melelahkan, khususnya ketika inspirasi untuk menulis seakan menghilang.

Kalau sudah seperti itu, maka berjam-jam di depan laptop juga percuma. Jangankan satu artikel, satu paragraf saja rasanya sudah susah. Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah terus memaksa diri untuk bisa membuat artikel dengan ide yang kering seperti itu?

Jangan khawatir, ide mengering dan inspirasi seret seperti itu juga dialami banyak penulis. Bahkan mereka yang sudah tenarpun sering mengalaminya. Namun sayangnya banyak yang tidak memahami hal ini dan akhirnya berlarut-larut membiarkan diri dalam situasi stagnan seperti itu. Alhasil kalian terancam pensiun ngeblog.

Sayang sekali bukan? Nah, supaya tidak seperti itu, Koloni Digital akan berbagi cara supaya bisa mencari inspirasi dalam menulis blog. Baca pelan-pelan sampai selesai ya. Jangan lupa komentarnya juga.

Daftar Isi

Membaca Situs Lain

Ini yang sering mimin lakukan ketika sedang buntu untuk menulis. Maklum, mimin juga bekerja sebagai seorang penulis artikel untuk blog dan pesenan orang lain, jadi kalau ga nulis ga bisa ngopi di warkop dong. Ya mau ga mau, harus nulis. Kalau ga ada inspirasi, ya dicari. Simple kan?

Nah ada banyak banget kok situs di internet yang bisa sobat jelajahi supaya bisa mendapat inspirasi atau ide menulis. Kalau mimin sih sebagai seorang copywriter dan content creator memang sudah banyak stok situs yang di-bookmark.

Apa fungsi bookmark? Ya biar lain waktu jika pengen berkunjung ke situs itu ga perlu ngetik url-nya, cukup liat daftarnya aja.

Kira-kira seperti itulah fungsi bookmark. Menyimpan situs untuk dilihat di lain waktu.

Ohya, bagi sobat yang belum tahu cara bookmark, sini mimin kasih tahu. Kan kita disini sama-sama belajar ya. Jadi seperti ini langkah-langkahnya :

  1. Jadi cari situs bagus, misalnya Koloni Digital ini.
  2. Di kotak pencarian yang atas sendiri, lihat pojok kanan. Ada titik tiga khan. Klik.
  3. Cari option bookmark. Klik.
  4. Pilih bookmark this tab.

Nah sudah deh. Fungsinya adalah situs tersebut akan tersimpan di gadget atau akun google sahabat semua. Nah ketika sedang kering ide, maka tinggal cari deh inspirasi.

Ada beberapa situs yang bagus sih buat disimpen dalam list sahabat semuanya. Berikut mimin kasih bocorannya tetapi ga pake link aktif ya, biar ga dikira endorse.

  • Buat pengetahuan umum : wikipedia, quora, lazytekno, maxmanroe, esaiedukasi.
  • Buat keterampilan blogging : strukturkode, kompiajaib, igniel, koloni digital, sugengid.
  • Buat topik spesifik pendidikan dan beasiswa : adi fun learning, ruang guru, brainly, dosen psikologi.
  • Topik horor : mengaku backpaker, catatan adi, enigma.
  • Traveling : pergi dulu, dua ransel, lostpacker

Itu dulu deh, nanti mimin tambahin kalau ada yang perlu ditulis. Intinya supaya inspirasi datang, maka bacalah artikel bermutu lainnya. Cari yang menarik. tambah dengan informasi baru dan tulis menggunakan bahasa kalian sendiri. Jadi deh artikel baru. Jangan sampai mencontek ya, sekarang Algoritma Bert bakalan basmi blog plagiat lo. TANPA PEMBERITAHUAN! Ngeri kan cuy?

Menulis Ulang Artikel Lama

Apa  sobat blogger semua punya stok artikel yang belum sempura? Nah kalau lagi seret ide, buat aja itu semua jadi tulisan yang layak tayang lalu unggah ke situs.

Sebagai penulis, mimin punya buanyak stok artikel atau draft tulisan. Mimin memang biasa nulis paling dikit 10 artikel tiap harinya. Kalau akhir pekan bisa 20-25 tulisan. Banyak banget kan? Itulah pentingnya disiplin menulis. Tapi ada beberapa yang kurang memuaskan, jadi disimpen dulu deh.

Nantinya, kalau lagi writer's block, mimin buka-buka lagi deh tulisan yang ada di draft lalu dipoles dikit. Nah, gampang kan?

Atau bisa juga sobat pake jurus ini:

  1. Cari artikel lama yang bagus.
  2. Ubah sudut pandangnya.
  3. Tambah dengan berbagai informasi terkini.
  4. Lengkapi dengan gambar atau video yang lebih menarik.
  5. Unggah ke blog.

Mimin hampir selalu pakai jurus ini. Bebas dari plagiator dan lumayan bisa bikin artikel baru dari ide yang sudah ada.

Jalan-Jalan

Kadang bikin artikel bisa suntuk dan menguras tenaga. Masalahnya sebagai penulis artikel, walah cuma kerjaan sampingan, mimin harus tetap nulis. Nah, gimana cara mengatasinya? Mimin jalan-jalan murah aja.

Sayang sekali kota-kota di negeri 62 ga punya taman yang layak buat dijadiin tempat duduk, baca buku sambil tiduran. Sedih. Namun itu bukan halangan. Sobat bisa jalan ke kafe, perpus atau pantai. Pokoknya bikin pikiran cerah dan senang. Pasti nanti inspirasi datang.

TV, Youtube, Quora, Medium

Hal yang paling menjengkelkan dari susah menulis karena inspirasi hilang adalah : kekonyolan! Maaf, tapi jika kita mau jujur, inspirasi bisa datang kapan saja dan dimana saja. Kalau ga datang ya kita yang harus cari.

Indonesia dan dunia penuh dengan kontroversi, dilema dan dinamika. Buka aja tv atau twitter. Sobat bakal ketemu banyak banget topik yang bisa dieksplorasi untuk dijadiin tulisan, baik dalam bentuk listicle review, opini hingga makalah ilmiah. Nanti di lain waktu Koloni Digital akan bahas jenis-jenis artikel yang bisa sobat tulis.

Intinya banyak kok tempat buat cari inspirasi menulis. Ada Quora, Medium, Kompasiana, Blog detik, Youtube, Twitter para artis yang konyol, hingga tribun. Yang terakhir mending ga usah deh. Hehe...

Komunitas

Hari gini masih percaya komunitas blogger? Jujur mimin sendiri sudah banyak out dari komunitas blog, baik itu di forum, facebook, twitter, kaskus, gplus, maupun dunia nyata. Memang disadari atau tidak, banyak grup yang sudah disusupi penipu yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi. Terlebih para buzzer politik.

Walau begitu ada beberapa grup facebook dan WA yang tetap mimin ikutin dan cuma jadi silent reader. Nah di sana mimin bisa dapet banyak sekali manfaat, selain blog walking juga bisa nambah temen plus inspirasi.

Mau tahu cara mendapat inspirasi dari komunitas?

  • Cari pertanyaan temen dan member yang sedang kesulitan.
  • Ikuti pertanyaan itu dan baca semua jawabannya.
  • Kalau dirasa bisa, sobat bisa ikut jawab.

Semua itu bisa jadi bahan untuk membuat artikel. Contohnya adalah artikel mimin tentang cara membuat akun di sosial media VKontakte hanya dalam waktu 30 menit yang tadinya merupakan jawaban mimin buat salah satu sobat yang ingin menjadi member di sosial media asal Rusia itu.

Nah sobat bisa juga melakukannya. Searching dan saling menjawab kesulitan sobat blogger untuk mendapatkan inspirasi menulis artikel selanjutnya.

Kesimpulan : Jangan Menyerah

Cara Mencari Inspirasi Menulis Blog
Mencari Inspirasi Menulis

Ketika kita menghadapi kekeringan ide untuk menulis, maka sebetulnya masih banyak cara untuk mendapatkan inspirasi. Silahkan sobat lakukan semua contoh di atas. Atau jika memiliki cara yang lain, boleh kok berbagi. Semoga sukses dalam membuat postingan.

7 komentar untuk "Tips Mencari Inspirasi Untuk Menulis Artikel Blog"

  1. Tulisan sudah bagus. Cuman website masih pakai domain blogspot :(

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung. Untuk saat ini fokus membuat artikel menarik dan bermanfaat dulu. Jika sudah waktunya pasti pakai TLD.

    BalasHapus
  3. sudah kulakukan beberapa.. tapi ada yang belum. makasih sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan. Blog agan sudah saya kunjungi. Bagus juga.

      Hapus
  4. jejak gan ...mantap blognya mampir juga blog saya www.mazkin.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan sudah mampir. Semoga bermanfaat. Pasti kami mampir. :)

      Hapus
  5. Menarik dan bermanfaat Gan ... mampir juga ke Blog Militer .. https://literacymiliter.com/

    BalasHapus