Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Algoritma Google BERT Untuk Pemula

Google BERT - Hai sobat blogger pemula semuanya, apakah sudah tahu Google mengupdate algoritmanya? Ya benar, baru-baru ini search engine paling populer sejagat itu sudah melengkapi sistem pencarian kuerinya dengan nama BERT.

Daftar Isi

Apa itu algoritma? Bagaimana dampak Google BERT bagi perkembangan blog Anda? Semua akan kami jawab dengan bahasa sederhana di Koloni Digital Indonesia, sahabat belajar semua blogger pemula.

Algoritma

Google BERT
Update Google BERT

Mari kita mulai ya sahabat. Algoritma adalah suatu formula yang ditetapkan oleh Google untuk menentukan syarat suatu blog tampil dalam hasil pencarian. Jadi jika situs sobat semua ingin tampil di laman mesin pencari harus sesuai dengan apa yang diinginkan dan ditetapkan oleh Algoritma tersebut.

Sebagai contoh, Algoritma Google mengutamakan situs yang memiliki pembahasan lengkap dan bebas plagiasi. Nah, jadi ketika dimunculkan suatu kata kunci di kotak pencarian, yang ada dalam laman tersebut ya daftar web yang punya pembahasan komplit tentang hal itu.

Dampak Google BERT

Setiap hari sebenarnya mesin pencari, khususnya Google meng-upgrade algoritmanya, Namun jika terjadi update besar-besaran dan berdampak cukup serius, biasanya search engine tersebut akan memberi kabar kepada para pengguna internet, khususnya pemilik situs dan digital marketer.

Untuk saat ini, algoritma terbaru Google bernama BERT. Nah seperti apa dampak yang akan ditimbulkan? Yuk belajar bersama.

Cara Kerja GOOGLE BERT

Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau disingkat BERT adalah suatu terobosan terbaru dari mbah gugel. Nah ini semacam machine learning super cerdas yang bakalan menelaah dan menganalisa pencarian. Jadinya bukan kata per kata tetapi sudah mampu memahami makna suatu kueri.

Lebih Cerdas

Contoh Penampakan Google BERT
Contoh Google BERT

Hasilnya nanti Google akan jauh lebih pintar dan relevan dalam memberikan hasil pencarian. Bukan hanya persoalaan mengatasi tipo atau salah ketik, BERT akan menganalisa maksud dari pertanyaan. 

Nah itu adalah contoh dari Google BERT. Semoga semua teman blogger pemula bisa paham ya sama contoh di atas.

Cara Mengatasi Update Google BERT

Lalu bagaimana cara mengatasi algoritma terbaru tersebut supaya blog kita tetap stabil bahkan terus menanjak serta mendapatkan trafik bagus?

Berikut adalah beberapa alternatif solusi yang bisa sobat lakukan :

  1. Buat konten yang dalam dan lengkap. Sertai dengan eksternal link yang baik.
  2. Pembahasan harus dalam dan menyeluruh.
  3. Pastikan menggunakan kata kunci turunan dan LSI dengan baik.
  4. Lebih sering update post artikel yang berfungsi menjawab suatu masalah.

Walau dalam laman resminya, Google hanya mengupdate algoritma BERT untuk bahasa Inggris, tetapi tidak ada salahnya kok kalau sobat semua bersiap mulai sekarang. Silahkan buat konten yang bagus dan lengkap ya.

Nah kira-kira seperti itulah pembahasan kita kali ini. Mempelajari algoritma akan membantu kita mendapatkan visitor organik. Semoga sobat semua bisa paham dan tulisan sederhana ini bisa bermanfaat. Mari belajar bersama di Koloni Digital Indonesia. Di kesempatan lain, kita akan belajar algoritma lainnya yang masih relevan selain Google BERT.

Blog Koloni Digital 

Posting Komentar untuk "Mengenal Algoritma Google BERT Untuk Pemula"