Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Artikel Menjadi Lebih Menarik Dan Enak Dibaca

Menulis artikel yang baik - Sebagai blogger tentu kita harus membuat artikel. Namun sayangnya banyak yang belum tahu nih cara menulis konten yang baik sehingga enak dibaca sama pengunjung.

Nah jangan khawatir, karena pada edisi kali ini Koloni Digital Indonesia akan membantu teman semua dalam menciptakan postingan yang menarik dan enak dibaca.

Daftar Isi

Artikel Harus Human Friendly

Mengapa Harus Enak Dibaca? 

Kenapa sih postingan kita di blog harus enak dibaca? Iya, karena seberapapun pentingnya informasi atau pengetahuan yang sobat blogger bagikan di artikel tetapi jika ditulis serampangan, asal-asalan dan tidak mementingkan user experience maka dipastikan bikin mata lelah.

Pengunjung akhirnya juga bingung dan malas datang ke situs agan lagi. Rugi kan?

Apakah ini mempengaruhi algoritma dan peringkat di SERPs? Menurut kami sih enggak tetapi ini lebih ke bagaimana agan sebagai blogger menunjukkan penghargaan untuk pengunjung yang sudah mampir ke blog kamu semua.

Nah, selain itu persaingan antar blog juga semakin sengit loh. Jadi kalau kompetitor kamu bikin artikel yang lebih menarik, bisa-bisa blog sahabat kalah bersaing deh.

Tips Membuat Artikel Enak Dibaca

Cara menyusun artikel yang human friendly dan enak dibaca
Menulis artikel human friendly

Nah sudah paham kan, pentingnya membuat artikel yang menarik dan bisa dinikmati oleh pengunjung? Yuk sekarang kita masuk ke intinya, yaitu tips membuat konten supaya lebih mantap dan enak dibaca.

Jangan Terlalu Padat

Usahakan agar tiap paragraf tidak terlalu panjang ya. Kalau bisa sih cukup 3 atau 4 kalimat saja. Paragraf yang panjang bikin mata cepet capek.

Mending bikin banyak paragraf tapi pendek-pendek. Selain itu berlatihlah untuk mengorganisasikan ide agar lebih terstruktur dan tidak bertele-tele. 

Hal penting yang harus diingat, keywords yang ingin dibidik harus masuk di paragraf awal ya.

Pecah Jadi Listicle 

Ingin membuat artikel dengan pembahasan yang super panjang dan detail? Maka gunakan listicle. Apa itu?

Itu adalah teknik untuk memecah artikel menjadi ide-ide tertentu. Nah semuanya ditulis dalam daftar yang dimulai bisa dengan numerik, alfabet atau simbol.

Artikel yang panjang cenderung bikin mata lelah. Cara mengatasinya? Salah satunya ya pakai listicle.

Gunakan Gambar 

Ini sih penting banget, sepanjang apapun artikel agan, lengkapi dengan gambar. Berapa? Minimal satu image ya. Makin banyak bagus kok, asal tetap nyambung.

Nah untuk urusan gambar, lebih mantul lagi kalau bisa bikin vektor atau infografis. Nantinya artikel sobat akan makin menarik.

Gunakan H1, H2, H3, H4

Apa maksudnya? Jadi manfaatkan header, subheader, dan lain-lain yang ada di blog. Kalau H1 kan buat judul, jadi ga perlu digunakan.

Lalu di dalam postingan, sobat bisa bikin sub judul. Nah gunakan simbol, numerik atau alphabet untuk membuatnya.

Ini akan kami bahas khusus di episode selanjutnya. Jadi tetap ikuti Koloni Digital Indonesia, sahabat ngeblog dan belajar bersama.

Dari Umum Ke Khusus

Ini sebenarnya inti dari menulis artikel dan sudah dijelaskan sama ibu guru di sekolah. Tulislah secara terstruktur. Dari umum ke khusus. Maksudnya apa?

Gini lo sobat, cobalah membuat postingan dengan formula : pembukaan - isi - penutup. Nah itu deh pokoknya.

  1. Pada bagain pembukaan ada : salam, ide yang akan dibagi, dan lead-in.
  2. Pada bagian inti : pembahasan ide pokok.
  3. Pada bagian penutup : kesimpulan. 

Tetapi kalau mau bereksperimen juga boleh kok. Setiap blogger pasti punya karakter dan cara menulis yang berbeda-beda. Asal idenya jangan meloncat-loncat ya. 

Kesimpulan 

Nah itu dia pembahasan kita kali ini tentang tips membuat artikel blog. Kami berharap sobat blogger pemula semua bisa memahaminya. Supaya lebih gampang, yuk kita simpulkan lagi poin-poin yang sudah kita diskusikan

  • Jangan bikin artikel yang terasa sesak. Atur paragraf agar tetap tipis. Beri jarak antar paragraf.
  • Gunakan poin-poin untuk membahas ide besar. Jangan malas untuk berlatih ya.
  • Perindah dengan image yang cocok dan sesuai.
  • Struktur penulisan harus sesuai. Gunakan judul, sub judul, dll.
  • Tulislah secara deduktif atau induktif. Jangan loncat-loncat.

Demikian, semoga membantu dan bisa bermanfaat untuk sobat blogger semuanya. Baca juga alat untuk menulis artikel yang baik di blog. Selamat berkonten. Jangan lelah belajar!

Blog Koloni Digital

2 komentar untuk "Tips Membuat Artikel Menjadi Lebih Menarik Dan Enak Dibaca"