Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Niche Blog Yang Benar Agar Tidak Sia-Sia

Memilih niche sangat penting sebelum membuat blog. Dalam artikel kali ini, Anda akan mengenal cara memilih niche blog yang benar agar bisa mendatangkan trafik tinggi. 

Daftar Isi

Halo sobat, bertemu kembali dengan kami. Di  artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang keuntungan memiliki blog. Sekarang kita akan membahas mengenai niche.

Apa Itu Niche?

Panduan memilih niche blog
Memilih Niche Blog

Apa yang dimaksud niche? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengerti istilah yang satu ini. Semua blogger harus paham.

Jadi niche mirip dengan topik, namun pada arti sesungguhnya lebih luas dari itu. Sebagai seorang blogger, sobat harus paham.

Dalam persiapan membuat blog di artikel lalu, memilih niche merupakan sesuatu hal yang paling penting dan harus dilakukan. Ini agar kegiatan blogging Anda bisa jelas sehingga mendatangkan trafik tinggi.

Salah memilih niche akan mengakibatkan kesulitan bagi Anda. Untuk itu, jangan salah pilih..... hehehe.....

Lalu niche apa yang harus sobat pilih?

Dalam memilih niche, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya :

  • Ketertarikan
  • Pengetahuan
  • Saingan
  • Prospek

Sebenarnya memilih niche sih tidak sesulit itu, tapi juga jangan asal-asalan. Untuk itu dalam persiapan membuat blog, sobat harus bertanya pada diri sendiri :

  1. Apa yang membuat sobat tertarik? Topik apa yang menarik bagi Anda? Apakah sepakbola, puisi, finansial, komputer, sepeda motor, komedi, dll. Nah setelah sobat menemukan jawabannya, maka pertanyaan kedua,
  2. Apakah Anda memiliki cukup pengetahuan di bidang itu? Contoh, ketika sobat memilih niche komputer karena hal itu menarik bagi Anda. Maka sobat harus mempelajari seluk beluk komputer. Kenapa? Karena pengetahuan itulah yang akan sobat bagikan pada pembaca, bukan Setelah itu, baru pertanyaan ketiga,
  3. Bagaimana kira-kira saingan setelah memilih niche tersebut? Apakah cukup besar? Apakah cukup sulit? Jika Anda merasa masih ada peluang untuk ikut bersaing, jangan takut. Asal bisa membuat konten yang bermanfaat, pasti nantinya bisa dapat trafik tinggi. Baru kemudian pertanyaan terakhir,
  4.  Kalau sudah buat blog dan memilih niche tersebut, apakah ada peluang untuk mendapatkan keuntungan / penghasilan. Apakah ada banyak orang yang butuh informasi tentang hal itu? 

Catat ya, ini untuk Anda yang ingin mendapat penghasilan dari blog. Kalau yang cuma ingin berbagi pengetahuan lewat blogging, skip aja pertanyaan ini.

Kenapa pertanyaan ke empat penting untuk Anda yang ingin mendapat penghasilan dari blog? Karena itu akan menentukan dari mana sumber pendapatan Anda. Apakah dari adsense, affilate, menjual produk orang lain, review produk, dll.

Sedari awal dalam persiapan membuat blog, sobat harus punya gambaran akan kemana situs Anda.

Jika ingin mendapat penghasilan dari blog lewat adsense, maka ikuti petunjuk dari google tentang cara jadi publisher GA.

Jika ingin mendapat penghasilan dari blog lewat mereview produk, maka blog sobat harus berisi artikel yang bermanfaat dan memberikan informasi yang tepat dan mendetail tentang produk-produk yang ingin dipromo. Nah sekarang saatnya kita kembali pada pokok persoalan, memilih niche.

Ada baiknya sobat melihat blog-blog yang sudah supaya bisa terinspirasi dalam memilih niche. Perhatikan konten dari mereka. Ada satu benang merah kenapa para blogger tersebut berhasil mendapat trafik tinggi, yaitu membuat artikel yang bermanfaat, bukan?

Setidaknya ada dua tipe aliran blog berdasarkan cara memilih niche, yaitu :

  1. Blog gado-gado yang membahas aneka niceh
  2. Blog spesifik yang fokus membahas fokus tertentu.

Nah kira-kira dalam memilih niche, sobat pingin masuk tim mana nih? Tim yang memilih niche khusus dan spesifik atau yang ambil semuanya alias gado-gado?

Gapapa, semua terserah sobat. Apapun niche yang sobat pilih, asal sesuai dengan passion dan wawasan yang sobat punya pasti bisa mendatangkan trafik tinggi. Kalau sudah begitu, mendapat penghasilan dari blog bukan lagi hal yang mustahil.

Contoh Niche Blog

Terakhir, sebagai penutup kami akan berikan beberapa contoh blogger yang memilih niche yang mereka suka dan terbukti berhasil mendatangkan trafik tinggi.

Niche Tutorial Blogging

Ini adalah contoh niche yang evergreen alias selalu dicari. Apakah sobat juga tertarik ingin bermain di topik ini? 

Sebelum sobat membuat blog dan memilih niche ini, kami akan berikan beberapa contoh blogger yang juga fokus di sini :

  • Panduan IM : Membahas internet marketing dan blogging.
  • Koloni Digital Indonesia : Lebih ke bagaimana membuat blog yang enak dibaca dan artikel yang bermanfaat serta viral.
  • Struktur Kode : Membahas tentang koding dalam membuat blog dan edit template.

Niche Tutorial Tekno

  • Jalan Tikus : Ini sebenarnya blog yang bertransformasi jadi web. Kalau mau cari softrware gratis, di sini tempatnya.
  • WARIM : yang memberi pelajaran HTML yang tokcer. Kalau ingin trafik tinggi dan artikel yang bermanfaat di bidang komputer dan bahasa pemrograman, silahkan berkunjung ke sini. 

Niche Pendidikan

  • Esai Edukasi : Ini adalah sebuah blog pendidikan terbaik di Indonesia saat ini. Hampir semua artikelnya sangat berbobot dan menjadi rujukan banyak kalangan. Kalau Anda seorang guru atau mahasiswa dan ingin menambah wawasan maka harus segera membacanya.
  • Zenius : Walau baru, tetapi zenius sudah bisa melesat di kancah dunia blogging dewasa ini. Kalau ingin belajar membuat artikel yang bermanfaat dan viral, silahkan mengambil inspirasi dari blog ini. 

Niche Pengetahuan Umum

  • Teknologi ID : Tekno dan gadget juga adalah topik yang selalu di cari. Anda ingin membuat blog dengan tema ini juga? Jangan ragu. Untuk mencari inspirasi silahkan lihat blog yang sudah memiliki trafik tinggi ini. 
  • Lazy Tekno : Dalam persiapan membuat blog, niche memang penting. Fokus pada satu niche tidak berarti harus kaku. Lihat saja blog Lazy Tekno. Artikel yang disajikan luwes dan enak dibaca.
  • Republik EU Sosialis Tawon : Blog ini sudah layak disebut masternya blog pengetahuan umum. Penulisnya bernama WASP yang nama besarnya sudah sangat membaha di dalam golongan blogger paling kreatif Indonesia. WASP membuat Republik menjadi sebuah wadah berbagi berbagai pengetahuan penting. 

All Niche / Gado-gado

  • Catatan Adi : Jika ingin mencari contoh sebuah blog personal, maka Catatanadi.com adalah jawabannya. Blog ini membahas berbagai niche, seperti politik, blogging, travelling, hingga cerpen. Istilahnya blog gado-gado. Banyak artikel bermanfaat yang bisa Anda dapatkan di sini.
  • Mengaku Backpacker : Bagi penggemar riddle dan cerita detektif, blog ini pasti sudah sangat dikenal. Dave, pemilik blog ini, berhasil membuat mengaku backpacker memiliki konten yang viral dan artikel bermanfaat yang pada akhirnya mendatangkan trafik tinggi bahkan memiliki komunitas penggemar yang terdiri dari puluhan ribu orang di WAG, Line maupun blognya. 

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung memilih niche blog.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Niche Blog Yang Benar Agar Tidak Sia-Sia"