Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Jenis-Jenis Domain

Sebagai seorang blogger, Anda harus memahami dan mengetahui jenis-jenis domain beserta fungsinya. Ini akan menunjang aktivitas blogging Anda selanjutnya. 

Daftar Isi

Tetapi jika Anda belum paham, tenang. Koloni Digital Indonesia punya solusinya. Kali ini kita akan bahas tuntas apa itu domain dan jenis-jenisnya. Silahkan disimak ya!

Macam-macam Domain

Macam-macam Domain
Macam-macam Domain

Domain

Jadi sebenarnya … apa itu domain? Secara sederhana domain adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke situs yang Anda tuju. Contohnya adalah www.kolonidigital.blogspot.com yang akan menghantarkan Anda ke blog saya ini, Koloni Digital Indonesia.

Sebenarnya domain merupakan bentuk lain dari alamat IP yang berupa kombinasi angka rumit. Tentu sangat sulit jika harus menghafalkan kombinasi angka tersebut tentu sangat sulit. Untuk itu hadirlah domain.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain. Anda bisa membuatnya atau tidak, itu terserah sobat. Namun yang perlu ditekankan disini adalah hubungan antara subdomain dan domain.

Sebagai contoh, domain dari blog sahabat adalah koransaya.com. Lalu karena satu hal, sobat ingin membuat semacam blog yang membahas sebuah topik khusus, misalnya sepakbola, tetapi masih bagian dari domain utama.

Solusinya sobat bisa membuat sebuah subdomain, yakni sepakbola.koransaya.com. Nah subdomain itu diperlakukan sebagai sebuah situs tersendiri oleh Google namun tetap merupakan bagian dari blog utama sahabat. Paham, khan?

Sebenarnya jika sobat menggunakan jasa blog gratisan di wordpress, blogspot, wix atau wapka, maka sobat terhitung sebagai subdomain.

Contoh : www.kolonidigital.blogspot.com sebenarnya adalah subdomain dari blogspot.com

Nah supaya benar-benar menjadi sebuah domain sempurna, sobat perlu mengubah ke TLD.

TLD atau Top Level Domain

Top Level Domain atau biasa disingkat TLD adalah ekstensi domain yang berada di belakang nama website. Beberapa contoh diantaranya adalah : .com, .net, .gov, .org dan lain-lain. Jadi kalau blogspot.com, weebly.com atau tumblr.com itu bukan TLD.

Untuk mendapatkan TLD sobat harus beli. Nah keluar duit, deh. Tapi gapapa, karena banyak loh, antara lain :

  1. Lebih terlihat profesional.
  2. Lebih ringkas sehingga lebih SEO
  3. Gengsi

Nah kenapa Koloni Digital tidak membeli domain? Ada alasan khusus, besok-besok deh kami bahas. :)

SLD atau Second Level Domain

SLD adalah nama domain yang Anda daftarkan. Cara membaca domain adalah dari bagian paling belakang, kemudian lanjut ke depan. Nah, kembali ke contoh domain koransaya.com, nama “koransaya” itulah yang disebut dengan SLD.

Jadi SLD adalah nama utama dari domain.

Third Level Domain

Ada second level domain, ada pula third level domain. Nah bingung khan? Ngopi dulu, atuh..... boleh kok kalau disambi makan mbili rebus.

Apa itu third level domain? intinya ini adalah awalan sebuah alamat situs alias www. Heheh, gampang khan?

Generic TLD

Generic TLD adalah sebuah top level domain adalah sederetan ekstensi yang mana paling umum digunakan di dunia seperti .com, .net, .org, dll.

Country Code TLD

CC TLD atau country code top level domain adalah ekstensi khusus yang menunjukkan asal negara / wilayah, seperti id (Indonesia), dw (jerman), jp (Jepang), wwkwk (Wkakakaland, hehehhe)

Kesimpulan

Jika Anda memiliki sebuah blog, pastilah sobat menggunakan sebuah domain. Ada domain yang gratis dan cara mendapatkannya cukup langsung mendaftar di platform penyedia blog.

Ada domain berbayar yang harus mengeluarkan duit untuk membeli dan memperpanjang masa penggunaannya (biasanya per tahun).

Demikianlah artikel dari kami tentang pengertian domain dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. 

2 komentar untuk "Pengertian Dan Jenis-Jenis Domain"