Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Domain Agar Blog Ramai

Domain adalah sesuatu yang penting bagi sebuah blog. Sayangnya banyak blogger yang asal-asalan untuk yang satu ini. Alhasil dampaknya juga sangat fatal.

Daftar Isi

Memahami Domain Blog

Hai sahabat, bertemu kembali dengan kami. Hari ini masih dengan topik yang sama, yakni sepuar cara membuat blog. Jika kemarin kita sudah membahas platform blog terbaik untuk ngeblog agar mendapat trafik tinggi, maka kali ini saya akan memberikan artikel tentang cara memilih domain agar blog senantiasa ramai.

Kalau sudah ramai, maka mendapat penghasilan dari blog tinggal menunggu waktu. Tetapi semaya dimulai dari cara memilih domain yang tepat.

Sebelum membahas mengenai domain, Anda semua harus tahu perbedaan mengenai alamat blog dan nama blog.

Saya ambil contoh blog yang sedang Anda baca ini. Jadi alamat blog ini adalah www.kolonidigital.blogspot.com, sedangkan nama blog ini adalah Koloni Digital Indonesia

Nah sudah paham khan, perbedaannya?

Sekarang kita akan menuju ke pengertian domain. Sudah seharusnya para blogger mengerti mengenai istilah yang satu ini sebelum mulai membuat blog.

Ini karena memilih domain merupakan salah satu tahap awal dari serangkaian cara membuat blog yang puaaaanjaaaang.

Nah yang dimaksud dengan domain adalah www.kolonidigital.blogspot.com Jadi domain adalah alamat suatu blog atau situs, bukan nama situs.

Ini penting karena ada beberapa situs yang nama domainnya berbeda dengan nama blognya. Contohnya aja blog saya ini.

Cara Memilih Nama Domain

cara memilih domain blog
Memilih Nama Domain

Nah sekarang bagaimana cara memilih domain yang bagus? Ada beberapa kaidah, antara lain sebagai berikut :

  • Simpel
  • Mudah diingat
  • Unik
  • Berhubungan dengan niche
  • Sama / mirip dengan nama blog

Sekarang mari kita kuliti lebih lanjut cara memilih domain yang benar agar mendapat trafik tinggi. Bacanya pelan-pelan aja ya, tidak usah terlalu serius, nanti malah stress, hihihi.......

1. Simpel

Jika Anda ingin membuat blog, ingat : jangan pilih nama domain yang panjang. Samakin sederhana, semakin baik. Walau ini susah, karena nama yang pendek biasanya sudah diambil orang, persis kaya mantan hehehe.....

Di sinilah kreatifitas Anda diuji. Temukan nama domain yang sependek mungkin, tetapi bisa dibaca. Jangan pake nama-nama pendek tapi aneh ya.

2. Mudah diingat

Ini juga penting dalam tahapan memilih domain dan membuat blog. Dalam persiapan membuat blog, jangan khawatir untuk berlama-lama memikirkan nama domain. Ini ibarat memilih nama perusahaan, ga boleh ngawur.

Nama domain harus mudah diingat. Contohnya domain blog ini, kolonidigital.blogspot.com mudah diingat bukan?

Jangan sengsarakan pembaca yang ingin kembali mengunjungi blog Anda tetapi lupa nama domain Anda. Rugi, khan? Trafik tinggi akhirnya hanya tinggal kenangan.

3. Unik

Selain simpel dan mudah diingat, nama blog juga harus unik. Artinya, jangan dibuat mirip sama blog lainnya. Percayalah, tidak ada gunanya.

4. Berhubungan Dengan Niche

Ya iyalah. Anda sebagai blogger harus mewaspadai ini. Itulah pentingnya melakukan 8 hal sebelum wajib memulai blog, salah satunya adalah memilih nama domain.

Ingat, sekali lagi, tidak boleh ngawur. Jangan sampai namanya berbau komputer tetapi nichenya fashion, atau nama domainnya bernuansa pendidikan tetapi malah membahas anime.

Jaka sembung bawa golok, ga nyambung mbok!

Semua hal itu harus Anda pertimbangkan agar mampu menciptakan nama domain yang bagus sehingga menghasilkan trafik tinggi.

5. Mirip Dengan Nama Blog

Pastikan setidaknya nama domain mirip dengan nama blog. Hal ini juga berlaku untuk sub domain jika Anda memutuskan membuatnya.

Itulah artikel tentang cara memilih domain yang baik agar blog ramai. Jika Anda membaca dan melakukan tutorial ini, saya doain semoga bisa mendapat trafik tinggi dan blog bisa terkenal.

Untuk selanjutnya kami sarankan Anda membaca artikel kami yang berjudul : Pengertian dan jenis-jenis domain agar membantu Anda memahami cara memilih nama dan alamat blog yang benar agar mendapat trafik tinggi.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Domain Agar Blog Ramai"