Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Langkah Persiapan Membuat Blog Agar Energi dan Modal Tidak Sia-sia

Saya beritahu satu rahasia penting : banyak blogger gagal dan rugi besar karena mereka asal-asalan dalam membuat blog. Untuk itu Anda harus membaca artikel ini agar bisa mempersiapkan langkah-langkah yang benar supaya menjadi blogger yang sukses.

Daftar Isi

Hai, sahabat dan para blogger pemula. Pada artikel yang lalu, kita sudah membahas tentang keuntungan dari memiliki blog. Nah di artikel ini, saya akan berbagi persiapan membuat blog.

Membuat blog sangat mudah. Jutaan orang sudah membuktikannya. Terlihat sulit karena mungkin belum mencoba.

Silahkan sahabat searching di Google atau mesin pencari lain tentang cara untuk membuat blog atau kunjungi artikel kami berikutnya tentang cara membuat blog. Atau jika penasaran dengan nama-nama alat telusur mahatahu selain google, silahkan buka aja 10 mesin pencari paling populer. 

Dalam artikel ini, saya tidak akan membahas mengenai bagaimana cara membuat blog. Justru saya ingin berbagi pengalaman sedikit yang mungkin bermanfaat perihal yang harus dilakukan sebelum sahabat terjun sebagai blogger.

Saya menjadi blogger sejak 2006. Cukup lama ya, tapi dilarang memanggil om. Hahaa.......

Sejak dulu, algoritma sosial media dan search engine selalu berubah. Dunia maya juga berubah. Mulai dari bangkitnya Google menjadi mesin pencari paling populer hingga kemunculan facebook dan twitter. Definisi konten yang bermanfaat juga mengalami pergeseran seiring dengan perkembangan optimasi web atau yang dikenal dengan SEO.

Jika pingin tahu lebih lanjut, silahkan baca cara kerja mesin pencari seperti google dan yang lainnya. 

Nah, kembali ke laptop. Jadi, pada saat itu saya asal ngeblog. Jadi saya membuat blog asal-asalan. Saya tidak memiliki persiapan membuat blog. Sama sih kaya sekarang, hehehe....

Hasilnya? Ya kurang maksimal.

Jika ingin membuat blog yang bagus dan maksimal, maka harus butuh ilmu dan teorinya, lalu harus menyusun strategi persiapan membuat blog yang baik. Setelah itu baru membuat konten yang bermanfaat.

Jika tidak, ya seperti saya.

Ada banyak blog saya yang hilang atau terbengkalai. Semoga blog yang ini awet. Mohon dukungannya ya.......

Itulah sedikit cerita saya. Padahal jika pada saat itu saya mengurus blog secara maksimal dan memiliki persiapan yang baik, pasti saya sudah kaya raya berkat blog.

Banyak loh para master yang kaya raya berkat blog. Itu bukan mitos.

Anda juga bisa mendapat penghasilan dari blog. Nah tinggal bagaimana cara untuk mencapai ke sana.

Benar bukan? Langsung saja ya, ini dia persiapan membuat blog yang harus sahabat lakukan.

Hal yang harus dipersiapkan saat ingin memulai blog
Persiapan Blogging


Tujuan Membuat Blog

Ini adalah langkah pertama dalam persiapan membuat blog. Sahabat harus melakukan tahap ini alias tidak boleh dilewati. Ntar kaya saya lo, hehehe.....

Apa sih langkah pertama dalam persiapan membuat blog? Benar, sahabat harus punya alasan kenapa ngeblog atau mengapa jadi blogger? Jangan berpikir menghasilkan trafik tinggi dulu. Apalagi mikirin gajian, hehehe......

Dengan kata lain, sahabat harus bertanya kenapa membuat blog?

Apakah ingin menjual produk? Berbagi ilmu? Menjadi kaya raya berkat blog? 

Banyak loh alasan ngeblog. Rata-rata pingin mendapat penghasilan dari blog. Emang bener bisa kok. Sekali lagi itu bukan mitos.

Nah kalo sudah ketemu alasan kenapa ngeblog, sahabat jadi punya pandangan. Kalo kata orang pinter namanya visi, hehehe......

Kalo ngeblog karena ingin dapat penghasilan dari blog, tentukan, penghasilan seperti apa? Adsense? Affiliate? atau yang lain?

Menentukan Platform

Ada banyak media atau platform membuat blog. Ada yang memilih blogspot, wordpress, tumblr atau yang sedang naik daun di wix.com

Semua terserah mau pake yang mana. Masing-masing punya kelebihan dan tetap berpotensi mendatangkan trafik tinggi. Asal mau belajar, walau belum paham html, seo, dll, itu bukan masalah.

Menentukan Target Pasar

Sekarang adalah langkah ketiga persiapan membuat blog. Tentukan calon pembaca. Apakah anak remaja yang hobi membaca riddle, anak band yang suka cari chord gitar, ibu-ibu yang demen gosip artis atau temen-temen aktivis yang getol perkara politik.

Ini penting loh, sahabat harus tahu untuk siapa sahabat membuat tulisan nanti. Ini agar sebelum sahabat membuat artikel yang bermanfaat, Anda tahu semua itu tidak sia-sia.

Miliki Gaya Bahasa yang Khas

Sudah melakukan persiapan membuat blog di poin ketiga? Oke sekarang tentukan gaya bahasanya? Mau campur-campur ga jelas kaya saya, bahasa alay, kaku, informal, terserah Anda. Pokoknya cocok sama target pembaca ya......

Tentukan Nama dan Deskripsi Blog

Inget, ada beda antara nama blog dan alamat atau domain. Keduanya harus dipahami agar sobat tidak salah langkah.

Contohnya blog jelek ini. Alamatnya di www.kolonidigital.blogspot.com tetapi nama blognya Koloni Digital Indonesia. Kenapa? Karena saya suka Indonesia, hehehehee

Nah, silahkan sahabat pilih nama domain blog yang keren, simpel, cocok sama topik serta yang paling penting jangan pasaran.

Memilih Template atau Tema untuk Blog

Ini juga berkaitan sama poin 2. Kalo pilih wordpress ya jangan pake template blogspot. Ga nyambung heheheh.... Pilih ato pake template bawaan juga boleh kok.

Jangan terlalu ribet memilih template. Pake yang original juga bisa menghasilkan trafik tinggi kok.

Mulai Menulis Artikel 

Sekarang menulis artikel pertama Anda. Yakin aja jangan ragu-ragu. Praktek sambil belajar. Jangan sibuk baca tutorial tapi ga dipraktekkin ya......

Belajar dan Terus Belajar

Ini dia yang penting. Sambil praktek, sambil belajar. Asah terus kemampuan sahabat. Pasti nanti blog sahabat bisa berkembang.

Memiliki blog seperti memelihara pokemon, harus ditingkatkan kemampuannya, biar trafik tinggi.

Nah salah satu cara meningkatkan kemampuan ngeblog adalah dengan cara rajin membaca blog ini, hehehe.....

Sekian dulu ya, selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "8 Langkah Persiapan Membuat Blog Agar Energi dan Modal Tidak Sia-sia"