Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogspot vs Wordpress, Siapa Yang Terbaik?

Pertarungan dua platform blog terbesar sepanjang sejarah masih berlangsung, Blogspot vs Wordpress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Siapa yang terbaik?

Daftar Isi

Hai sobat, bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam kondisi prima. Amin. Untuk artikel kali ini, kami akan membahas siapa yang terbaik antara Blogspot dan Wordpress, baik yang free alias gratisan maupun berbayar. Keduanya seperti kita ketahui merupakan platform blog terbesar saat ini.

Disclaimer : Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selaku pengguna blogspot, wordpress self hosted maupun free hosted. Mungkin sobat atau rekan blogger lain memiliki pendapat berbeda ketika membuat blog di kedua atau salah satu platform blogging tersebut, saya tetap menghargainya. 

Semoga nanti dengan membaca artikel ini, sobat bisa memilih platform yang tepat untuk membuat blog. Tanpa mengerti kelebihan dan kekuarangan keduanya, Anda terancam tidak bisa memaksimalkan situs dengan baik. 

Pada akhirnya trafik tinggi hanya tinggal kenangan plus mendapat penghasilan dari blog menjadi sulit Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita bahas platform membuat blog terbaik antara Blogspot dan Wordpress gratisan.

Review Kelebihan dan kekurangan antara Blogspot vs Wordpress
Wordpress vs Blogspot


Blogspot

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat blog di blogspot? Gratis, sahabat tidak perlu menguluarkan biaya apapun jika membuat blog di Blogspot. Semua tanpa bayaran. Hanya saja domain tetap memakai blogspot.com alias situs Anda adalah subdomain.

Bisakah untuk mengupgrade menjadi domain mandiri (self hosted)?

Bisa banget. Jika ingin tampak lebih profesional, silahkan beli di perusahaan penyedia domain. Beli di Google juga bisa.

Apakah butuh hosting? Semua situs membutuhkannya. Hosting adalah sebuah wadah untuk menaruh artikel, gambar, video, dll dari blog Anda.

Jika Anda membuat blog di Blogspot, tidak perlu membeli hosting karena semua sudah disediakan Google.

Bagaimana jika ingin mendaftar menjadi Publisher Adsense? Sangat bisa. Ada jutaan orang yang menjadi publisher adsense dengan blogspot tanpa harus membeli domain. Tetapi jika ingin membeli domain, jadi lebih bagus lagi karena blog akan terlihat lebih profesional.

Anda bisa mendaftar di Google Adsense dengan mudah bahkan sudah ada widget / tombol yang terhubung langsung dengan akun GA.

Bagaimana kelengkapan fitur menulis? Tidak terlalu bagus. Apalagi Anda tidak terbiasa menulis di notepad dan membuat postingan dari Microsoft Word, maka tulisan akan berantakan.

Silahkan belajar sedikit-demi sedekit bahasa HTML dan CSS agar tulisan lebih indah dan bisa menghasilkan artikel bermanfaat serta postingan yang enak dilihat dan dibaca. Tidak perlu muluk-muluk, cukup HTML dan CSS tingkat super dasar.

Bagaimana tingkat kerumitan mengedit template? Sangat rumit jika tidak mengetahui koding. Setidaknya koding dasar. Saya juga mengalami kesulitan pada bagian ini. Solusinya ada dua, yakni belajar koding atau beli template premium. 

Beberapa template premium / premium gratisan dari Igniel dan Sora juga bagus namun harus tetap paham Java Script.

Bagaimana dengan optimasi SEO? Platform Blogspot sangat menunjang SEO. Ini wajar karena pemilik dari Blogger adalah Google LLC itu sendiri. Jadi tidak heran jika blog di platform ini memiliki dukunga SEO yang tidak terkalahkan, kecuali oleh platform berbayar yang dibantu tools / plugin / kode skript tambahan.

Apa resiko terburuk? Jika melanggar TOS dari Google, maka bisa masuk sandbox alias artikel tiba-tiba menghilang dari search engine.

Lebih buruk lagi, blog bisa dihapus sepihak oleh Google jika ternyata ditemukan pelanggaran yang serius. Hal ini sangat mudah dilakukan karena blog masih berhosting di blogspot.

Apa sumber penghasilan dari blog selain Adsense? Ada banyak, antara lain Affiliate, sewa banner / header / footer, content placement, review produk, dll. 

Wordpress.com (Versi Gratisan)

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat blog di Wordpress? Jika sahabat ingin membuat blog di Wordpress gratisan, maka tidak dipungut biaya apapun alias free.

Ingat ya, ini wordpress versi gratisan, berbeda dengan versi berbayar yang akan kita bahas nanti.

Karena gratisan, maka Anda tidak akan mendapat domain sendiri, melainkan tetap memakai akhiran wordpress.com.

Bisakah untuk mengupgrade menjadi domain mandiri (self hosted)? Sangat bisa dan sangat dianjurkan, karena Wordpress sendiri juga siap membantu Anda mendapatkan nama domain. 

Apakah butuh hosting? Sudah disediakan oleh Wordpress, jadi gratis. Tetapi beda dengan Blogspot yang nyaris tak terbatas, kuota di hosting gratis Wordpress terbatas.

Bagaimana jika ingin mendaftar menjadi Publisher Adsense? Tidak bisa. Anda dilarang menjadi publisher Adsense apapun. 

Bagaimana kelengkapan fitur menulis? Sangat bagus karena sudah dilengkapi interface yang nyaman serta fitur menulis yang enak digunakan. Lebih simpel dari Blogspot karena tanpa belajar HTML ataupun CSS postingan Anda sudah auto rapi. 

Bagaimana tingkat kerumitan mengedit template? Tidak rumit namun template yang tersedia untuk versi gratisan sangat terbatas dan cenderung kurang menarik serta nampaknya tidak responsif.

Bagaimana dengan optimasi SEO? Menurut saya, membuat blog di wordpress gratisan sangat baik untuk dijadikan ajang melatih tulisan alias belajar membuat artikel yang bermanfaat dan viral. Namun untuk SEO, tidak bagus. 

Apa resiko terburuk? Sama seperti blgospot, jika melanggar TOS, maka bisa dihapus oleh pihak Wordpress. Ya namanya juga numpang hosting. 

Apa sumber penghasilan dari blog selain Adsense? Secara teori masih ada, walau jelas bukan dari affiliate. Salah satunya adalah sewa banner. Lainnya, bisa review produk, menjual produk, menawarkan jasa, dll. 

Wordpress.org (Versi Berbayar)

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat blog di Wordpress.org? Ini berbayar, jadi berbeda dengan versi gratisan ya. Lalu berapa biayanya? Tergantung paket dan perusahaan penyedia hosting dan domain yang Anda pilih. 

Bisakah untuk mengupgrade menjadi domain mandiri (self hosted)? Sangat tidak perlu, karena jika Anda membuat blog di platform Wordpress.org, maka otomatis sudah harus punya self hosted domain. 

Apakah butuh hosting? Wajib. Anda bisa memilih paket hosting yang disediakan penyedia sewa hosting. Perhatikan betul-betul semua keterangan dan penawarannya.

Bagaimana jika ingin mendaftar menjadi Publisher Adsense? Bisa, bahkan menurut saya pribadi, jauh lebih besar potensi untuk diterima menjadi Publisher Google Adsense. 

Bagaimana kelengkapan fitur menulis? Sangat bagus karena sudah dilengkapi interface yang nyaman serta fitur menulis yang enak digunakan. Lebih simpel dari Blogspot karena tanpa belajar HTML ataupun CSS postingan Anda sudah auto rapi. 

Bagaimana tingkat kerumitan mengedit template? Cukup rumit, namun Anda akan terbantu dengan berbagai template premium maupun gratis dan aneka plugin / alat bantu.

Bagaimana dengan optimasi SEO? Sangat baik. Selain ada plugin, struktur meta dan CMS dari Wordpress sangat responsif dan enak di mata search engine. 

Apa resiko terburuk? Tidak ada yang bisa menghapus blog Anda karena sahabat sudah punya hosting sendiri. Paling ya dibanned oleh Google. 

Apa sumber penghasilan dari blog selain Adsense? Semua penghasilan yang memungkinkan dari blog, bisa Anda dapatkan dari sini. 

Itulah face-to-face Blogspot vs Wordpress, saya sendiri lebih menyarankan Blogger/Blogspot untuk Anda. Namun itu terserah Anda. 

4 komentar untuk "Blogspot vs Wordpress, Siapa Yang Terbaik?"

  1. Mantap sekali, sekalian cari2 ilmu pengetahuan di dunia blogging. Makasih atas infonya gan. Lumayan lengkap penjelasannya.

    Teruskan lagi karyamu

    Jangan lupa mampir juga ke blog ane hehehe

    BalasHapus
  2. Bagi pemula yang hanya ingin sekedar menulis, merancang web serba otomatis tanpa harus pusing dengan cara penambahan suatu fitur untuk blog, lebih baik Wordpress.

    Btw, saya pernah menulis perihal plugin wajib untuk Wordpress di artikel Plugin Terbaik yang Wajib Dipasang di Wordpress

    Wordpress self-hosted tidak akan membantu kita memahami pemrograman web (walaupun dasar) kalau hanya klik sini klik sana untuk menginstall tema & plugin. Belum lagi harus mengerti fungsi² di Cpanel, tentu tidak mudah bagi yang benar² baru ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali gan. WP gratisan maupun self-hosted memiliki loading ringan, template menulis enak (guttenberg) dan jaringan user yang luar biasa. Namun blogspot sebagai anak perusahaan Google juga pasti punya keunggulan.

      Bahkan beberapa waktu lalu saya sudah prediksi akan ada perubahan di Blogspot sedikit demi sedikit dan itu terjadi, seperti tampilan dasboard yang baru hingga Google Hub.

      Terima kasih sudah berkunjung. Agan rasanya sudah sangat senior ya, kami jadi tersanjung dikunjungi blogger senior.

      Salam dari kami. Blog agan ompian bagus sekali.

      Hapus