Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Google Adsense Bisa Jadi Lahan Penghasilan - Ketahui Cara Kerjanya!

Dalam dunia blogging, tentu sobat pernah mendengar istilah Google Adsense. Atau jangan-jangan sobat adalah publishernya?

Jika sobat adalah pemula dan berencana membuat blog, ada baiknya sobat memahami apa itu Google Adsense. Ini mengingat banyak info di luar sana yang 'agak membingungkan' seputar istilah yang satu ini.

Memang sih, salah satu impian terbesar dan keuntungan menjadi blogger adalah diterima menjadi publisher Google Adsense. Mungkin itu juga keinginan dari sobat, menjadi mitra GA dan mendapat penghasilan dari blog melaluinya.

Akan tetapi tidak semua orang mengetahui apa itu Google Adsense. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai pengertian dan cara kerja Google Adsense.

Daftar Isi

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah sebuah program periklanan internet dengan sistem kerja sama yang dimiliki oleh raksasa internet Google. Program ini diperuntukan untuk pemilik blog, vlog atau aplikasi berbasis android yang ingin mendapatkan penghasilan. Darimana penghasilannya? Tenang, seruput dulu kopinya, juragan.... Sudah? Yuk lanjut!

Darimana Pendapatan Google Adsense?

Mendapatkan uang dari Google Adsense
Google Adsense

Penghasilan publisher Google Adsense tersebut dihitung dari pembagian keuntungan untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung Blog dan Vlog yang biasanya dikenal dengan istilah PPC ( Pay Per Klik ).

Bukan hanya itu, Google Adsense kini juga menyediakan sistem iklan dengan konsep pencarian yang dikenal dengan AdSense for Search, Adsense untuk video ( Adsense for Video ) dan Adsense untuk perangkat seluler ( Adsense for Mobile )

Awalnya Google Adsense hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa populer lainnya (Bahasa Indonesia ga termasuk gaes, hikshiks). Akan tetapi seiring perkembangannya Google Adsense memperluas dukungan dengan menambah support bahasa yang kini mencapai 36 bahasa di seluruh dunia termasuk bahasa Indonesia. (Asyiiikkkk).

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense?

Seperti yang sudah di bahas di atas, Google Adsense merupakan program periklanan yang disediakan oleh Google sehingga pada pemilik situs (blog, vlog dan aplikasi android) dapat menghasilkan uang dari artikel, video dan juga aplikasi mereka.

Iklan - iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense akan menyesuaikan dengan isi konten dari situs penayang, semisal situs sobat memuat konten mengenai teknologi internet, maka kebanyakan iklan yang muncul adalah mengenai web hosting, jual beli domain dan hal - hal yang berhubungan dengan internet.

Untuk sistem pembayaran Google Adsense, sebenarnya tidak ada yang tahu pastinya! Mengapa? Karena ini berkaitan dengan banyak faktor, seperti niche blog, kualitas blog di mata Google, kualitas artikel, hingga asal negara pengunjung. Ribet khan? Engga kok!

Jadi gini, intinya semakin banyak pengunjung yang datang, pendapatan dari blog akan semakin banyak. Apalagi jika makin banyak pengunjung yang nge-klik iklan dari Google Adsense, maka penghasilan dari blog pun makin moncer.

Jadi jika sobat punya blog dengan trafik tinggi, maka haruslah kiranya mendaftar menjadi publisher Google Adsense.

Tetapi andaikata tidak diterima, it's okay! Masih banyak cara menjadi kaya lewat internet atau mendapatkan penghasilan dari blog.

Ini pertanyaan menggelitik, hehehe..... Banyak yang ga ngaku kalau pingin banget jadi publisher Google Adsense. Salah satunya, saya..... hehehe......

Kenapa blogger banyak yang ingin jadi publisher Google Adsense?

1. Karena ingin kaya. Ini jelas. Dengan menjadi publisher Google Adsense, sahabat bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Terlebih jika memiliki trafik tinggi, bisa makin tajir.

2. Meningkatkan kualitas blog. Jadi publisher Google Adsense itu tidak mudah. Jadi secara logika kasar, blog yang diterima menjadi publisher Google Adsense setidaknya memenuhi kriteria tertentu dari mbah Google sendiri. Hail Gugel!

3. Pingin sombong, hehehe..... Benarkah? Iya kali ya....

Tertarik ingin jadi publisher Google AdSense juga, maka baca syarat dan caranya di sini. Semoga bisa segera terwujud ya, sobat. 

Nah itu dia artikel dari Koloni Digital Indonesia kali ini yang membahas mengenai 'mengapa banyak blogger ingin jadi publisher Google Adsense?'

Posting Komentar untuk "Manfaat Google Adsense Bisa Jadi Lahan Penghasilan - Ketahui Cara Kerjanya! "