Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Sejarah Internet

Sejarah internet dan pengertiannya - Internet menjadi semakin penting dalam kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia. Bahkan materi pelajaran TIK tentang internet khususnya pengertian, sejarah dan fungsi internet terus berkembang dari waktu ke waktu.

Daftar Isi

Dalam kesempatan kali ini, Koloni Digital Indonesia akan membahas dengan lugas dan lengkap perihal seluk beluk internet dan perkembangannya dari masa ke masa. 

Sejarah Internet
Ilustrasi Jaringan Internet


Pengertian Internet

Apa yang dimaksud dengan internet? Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia.

Internet merupakan kependekan dari interconnected network. Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit, dan se-bagainya.

Fungsi Internet

Tentu ada banyak sekali fungsi internet. Semakin hari rasanya kita semakin tidak bisa lepas dari yang namanya internet.

Adapun beberapa fungsi internet adalah :

  • Media komunikasi.
  • Sarana pembelajaran.
  • Sarana informasi.
  • Hiburan.
  • Sarana pertukaran data dalam dunia industri.
  • Sarana penyimpanan transaksi keuangan digital.
  • Sarana kreatifitas.

Manfaat Menggunakan Internet

Sangat mudah untuk menyebutkan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Semakin hari semakin banyak orang yang terhubung dengan internet. Ini menandakan jaringan internet sangat besar manfaatnya bagi kehidupan. Beberapa diantaranya adalah :

Dalam Bidang Pendidikan

Menambah pengetahuan, informasi dan membuat pembelajaran menjadi menarik. Internet juga berperan penting dalam penyebaran sains dan teori-teori terbaru, baik melalui pembuatan blog maupun situs-situs pengetahuan lainnya. 

Dalam Bidang Bisnis

Memungkinkan transaksi supercepat tanpa tatap muka. Menghubungkan pencari kerja dan mereka yang membutuhkan tenaga kerja. Bahkan beberapa contoh nyata, seperti produk Google yang menunjang bisnis tidak akan mungin ada tanpa internet. 

Dalam Bidang Seni, Budaya dan Hiburan

Dapat sebagai sarana promosi dan pertukaran budaya. Sebagai wadah kreatifitas seniman agar dapat menjangkau lebih banyak penikmat seni.

Dalam Bidang Komunikasi

Mempercepat proses komunikasi dan memungkinkan untuk menghubungkan banyak orang sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan. Khususnya di masa ini, Internet memungkinkan hadirnya berbagai media sosial, seperti Facebook, VKontakte, Twitter dan masih banyak lagi.

Sejarah Internet

Untuk menjelaskan sejarah internet maka harus kembali pada era perang dingin, yaitu perlombaan pengembangan aneka senjata oleh militer Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Sejarah internet bermula dari pengembangan di bidang militer dan sarana pertahanan keamanan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat.

Internet yang digunakan oleh semua orang sekarang ini adalah hasil penemuan dan pengembangan Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Dephan Paman Sam yang memang terkenal canggih itu membuat sebuah proyek bernama ARPANET.

ARPANET adalah kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network yang mendemonstrasikan cara suatu hadware dan software komputer memiliki basis UNIX dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh dengan saluran telepon.

Proyek ARPANET dirancang dengan standarisasi kehandalan dan berapa besaran informasi yang dapat kirim untuk saling bertukar informasi yang dari hal tersebut terbentuklah TCP/IP yang dikenal dengan Transmision Control Protocol/Internet Protocol. Tujuan awal dari Proyek ARPANET hanyalah keperluan militer untuk menghubungkan daerah atau wilayah vital.

Proyek prestisius ARPANET ini di tahun 1969 awalnya hanya dapat menghubungkan 4 situs seperti Stanford Research Institute, University of California Santa Barbara, University of Utah. Lalu di bulan Oktober 1972 ARPANET dikenalkan secara umum dan berkembang pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan.

Dari kesulitan tersebut, ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan APRANET untuk keperluan non-militer. Seiring berjalannya waktu, masyarakat dikenal dengan nama DARPA dan disederhanakan menjadi  seperti sekarang ini.

Istilah internet sendiri pertama kali di tahun 1982 dengan perkembangan name server membuat para pengguna dapat terhubung ke suatu host tertentu.

Saat ini internet dikelola dan dijaga oleh perjanjian multilateral dan protokol yang menampilkan perpindahan data antara rangkaian.

Protokol dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF) yang terbuka secara umum. Badan yang mengeluarkan sebuah dokumen yang dikenal dengan RFC yaitu Request For Comment yang sebagian datanya dijadikan sebagai Standar Internet oleh Badan Arsitektur Internet. Prokotol-protokol internet biasa digunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMPTP, HTTPS,FTP, SSL, HTTP, LDAP, dll.

Itulah artikel tentang internet. Untuk selanjutnya silahkan baca terus tulisan dari Koloni Digital Indonesia lainnya yang pasti bermanfaat untuk Anda semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Internet "